Sesuai Pinta Danny, Warga Mangasa Makassar Salat Id Taat Prokes

Danny sebelumnya datang ke tempat ini

Sesuai Pinta Danny, Warga Mangasa Makassar Salat Id Taat Prokes
Pelaksanaan Salat Id di RW 07 Kelurahan Mangasa, Kecamatan Tamalate dengan prokes ketat di jalan Raya, Kamis (13/5/2021). 












KABAR.NEWS, Makassar - Pelaksanaan Salat Idulfitri dalam skala RT/RW di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berlangsung khidmat di beberapa tempat dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes), pada Kamis (13/5/2021). 


Pemandangan itu terlihat pada pelaksanaan Salat Id di Masjid Babuttaubah, Kelurahan Mangasa, Tamalate. Jemaah yang berasal dari RW 07 dan sekitarnya menerapkan prokes Covid-19 sesuai instruksi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto.


Satu pekan sebelum Idulfitri, Danny sapaan Wali Kota Makassar, hadir melaksanakan Salat Subuh berjemaah di Masjid Babuttaubah. Pada kesempatan itu, Danny meminta umat muslim di lingkungan RT/RW ini mematuhi prokes saat Salat Id. Permintaan Danny ternyata diikuti warga.


Ketua RW 7, Makmur S, mengakui penerapan Prokes Salat Id kali ini membutuhkan kerja maksimal. Meski  dia mengaku, Salat Id di jalan setapak seperti lorong bukan hal baru.


"Namun ini pertama kali Masjid Babuttaubah menempatkan posisi Imam dan Khatib Salat Id di luar masjid. Kami terus berinovasi demi kenyamanan dan keamanan jemaah dari penyebaran virus Corona," terang Makmur.


Diketahui, Masjid Babuttaubah tetap digunakan dengan kapasitas 40 persen dari jumlah tampung jemaah. 


Bahkan, sepanjang Jalan Sultan Alauddin 2, lapangan sekolah SD Bontomanai dan Mannuruki, serta halaman Kantor Lurah Mangasa, digunakan sebagai fasilitas Salat Id. Hal itu sesuai skenario Pemkot Makassar dan unsur terkait. 


Pelibatkan Remaja Masjid Babuttaubah juga turut dilakukan agar mengatur jemaah, sekaligus membagikan masker kepada jemaah yang tidak membawa masker. 


Ketua Pengurus Msjid Babuttaubah, Mukhtar mengatakan dengan penerapan prokes ini, diharapkan menjadi contoh yang baik bagi warga Kota Daeng. 


"Kita harus menata dengan baik jemaah. Semoga salat Id kali ini dapat menjadi contoh yang baik dalam pelaksanaan salat Id dengan protokol kesehatan," tandasnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/A