Serbia Kirim Portugal ke Babak Play-Off Piala Dunia Qatar

Berkat gol pemain Fulham

Serbia Kirim Portugal ke Babak Play-Off Piala Dunia Qatar
Penyerang Timnas Serbia Aleksandar Mitrovic melepas baju usai mencetak gol penentu kemenangan timnya melawan Portugal pada kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion da Luz, Lisbon, Senin (15/11/2021) dini hari WIB. (Foto: Twitter/Euro2024)












KABAR.NEWS, Makassar - Timnas sepak bola Portugal harus memainkan laga play-off untuk mendapatkan satu tiket ke putaran final Piala Dunia Qatar tahun 2022. Hal itu setelah Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dikalahkan Timnas Serbia dengan skor 2-1. 


Pertandingan terakhir Grup A Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa tersebut digelar di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Senin (15/11/2021) dini hari WITA. 


Portugal pada pertandingan tadi sebenarnya unggul lebih awal melalui gol yang diciptakan Renato Sanches saat laga baru berjalan 2 menit. Umpan Bernardo Silva dituntaskan dengan sempurna oleh Sanches.


Gol cepat tersebut membuat A Selecao lebih bermain terbuka. Jual-beli serangan pun tersaji. Serbia yang mengandalkan Dusan Tadic sebagai penyerang berhasil menyamakan skor menjadi 1-1.


Striker Ajax Amsterdam itu sukses memperdayai kiper Portugal Rui Patricio dan membungkam tuan rumah lewat golnya menit ke-33. Hasil imbang bertahan hingga turun minum. 


Satu menit usai jeda, Serbia menurunkan Aleksandar Mitrovic dari bangku cadangan mengganti Nemanja Gudelj. Portugal menyusul menarik keluar dua pemain sekaligus yakni Joao Mountiho diganti gelandang Joao Phalinha dan Bruno Fernandes mengganti Silva.


Portugal sebenarnya hanya butuh satu poin untuk lolos dari babak kualifikasi. Namun sayangnya, skor 1-1 tersebut dibuyarkan oleh Mitrovic saat pertandingan memasuki menit-menit krusial.


Mitrovic yang saat ini berstatus penyeramg Fulham di kasta kedua Liga Inggris atau Championship, berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 pada menit 90 dan mengirim Portugal ke babak play-off Piala Dunia Qatar 2022.


Kemenangan 2-1 atas Portugal mendongkrak posisi Serbia di puncak klasemen Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan jumlah 20 poin. Dusan Tadic dan kawan-kawan memastikan satu tempat di Qatar.


Portugal yang gagal lolos langsung ke Piala Dunia Qatar, harus memenangkan dua laga play-off yang dijadwalkan pada Maret 2022.