Skip to main content

Serahkan Ranperda Angkutan Jalan, Adnan Harap Truk Diatas 8 Ton Tak Lagi Lewat Jalan Kabupaten

Pemkab Gowa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menerima Ranperda Angkutan Jalan dari DPRD Gowa.


KABAR.NEWS, Gowa - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa  menggelar Rapat Paripurna penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inisiatif tentang pengawasan, pengendalian, lalulintas dan angkutan jalan.


Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Ranperda inisiatif ini terkait dengan truk-truk 10 roda. Harapannya Perda ini mampu menjadi payung hukum terhadap truk-trul 10 roda dan truk yang bermuatan di atas 8 ton yang tidak boleh melewati jalan-jalan Kabupaten. 


"Karena kenapa? Kapasitas jalan kabupaten tidak boleh dilewati dengan muatan 8 ton," ujarnya saat ditemui usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Gowa, Senin (11/2/2019). 


Dengan begitu, siapa pun yang melanggar akan dikenakan sanksi. Dalam peraturan tersebut, dikatakan Adnan pelaku akan ditahan selama sebulan dan dikenai denda.


"Jadi kita mau mengatur, supaya truk-truk 10 roda dan truk enam roda tetapi tonasenya lewat dari 8 ton itu tidak boleh melintas dari jalan Kabupaten. Kecuali ada izin resmi dari pemerintah kabupaten," jelas Bupati Adnan. 


Sementara, Anggota Tim Pengusul Ranperda Inisiatif, Muh Nur Ilahi berharap, dengan adanya Ranperda ini dapat menjadi dasar hukum dengan memberikan kepastian hukum dalam rangka mewujudkan dan menjamin terselenggaranya lalu lintas dan anhkutan jalan yang terpadu, efektif dan efisien guna mendorong perekonomian daerah Kabupaten Gowa. 


"Kami tambahkan pula bahwa Ranperda tentang pengawasan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan terdiri dari 7  Bab dan 17 Pasal," ungkapnya.

  •  Afrilian Cahaya Putri

 

loading...