Serahkan LKPD, Wali Kota Parepare Harap Pertahankan Opini WTP

Taufan Pawe yakin Parepare kembali meraih opini WTP dari BPK.

Serahkan LKPD, Wali Kota Parepare Harap Pertahankan Opini WTP
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe saat menyerahkan LKPD tahun 2020. (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Makassar - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menghadiri Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Parepare Tahun Anggaran 2020, di Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulsel, Jalan A. P. Pettarani, Jumat (19/3/2021).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengapresiasi BPK yang terus menjalankan perannya agar pengelolaan keuangan daerah dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik. Tujuan pemeriksaan atas laporan keuangan adalah untuk memberikan pendapat/opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan.

"LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) merupakan suatu bentuk bagian dari proses tata kelola pemerintahan. Yang di mana pemerintahan daerah berkewajiban untuk menyerahkan laporan keuangan itu dalam bentuk penyajian informasi terkait penggunaan dana-dana yang ada. Begitupun penerimaan-penerimaan keuangan daerah yang ada," kata Taufan Pawe melalui keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS.

Atas penyerahan LKPD 2020 tersebut, Taufan Pawe berharap Pemkot Parepare kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Mengingat sejauh ini, pihaknya dalam mengelola aset-aset daerah terus berupaya dilakukan secara profesional. Apalagi Pemkot Parepare dibawah kendalinya akrab dengan raihan opini WTP.

"Kalau Parepare sudah memperoleh WTP sebanyak lima kali. Jadi kalau penyajian laporan keuangan baik dengan berpedoman dengan akutansi pemerintahan yang ada dan aset yang diekola dengan baik, Insyallah kita bisa meraih WTP," ucapnya.

Acara ini juga bersamaan dengan penyerahan LKPD Kabupaten Barru yang juga dihadiri Bupati Barru Suardi Saleh. Diketahui, batas waktu penyerahan LKPD sampai 31 Maret 2021. Sementara pemerintah kabupaten/kota di Sulsel yang telah menyerahkan diantaranya Kota Palopo, Bone, Pinrang, Selayar, Makassar, Parepare dan Barru.