Seragam Satpam Diubah Jadi Warna Krem Agar Tak Mirip Polisi

*Resmi diperkenalkan kepada publik

Seragam Satpam Diubah Jadi Warna Krem Agar Tak Mirip Polisi
Upacara Hari Jadi Satpam ke-41 tahun di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022). (Foto: Polri)






KABAR.NEWS, Jakarta - Mabes Polri secara resmi mengumumkan warna baru seragam satuan pengamanan (satpam) yang sebelumnya berwarna coklat menjadi krem.


Pengenalan warna baru Satpam digelar Korbinmas Baharkam Polri pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satpam, di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022).


Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, pengenalan sergam baru ini merupakan bentuk sosialisasi. Menurutnya, masyarakat perlu mengetahui warna baru pada seragam satpam.


“Pengenalan warna seragam baru satpam ini bagian dari sosialisasi kepada masyarakat," kata Ahmad Ramadhan dikutip dari situs Polri.


Polri telah menginformasikan rencana perubahan warga seragam satpam menjadi krem sejak pertengahan Januari 2022. Perubahan warna seragam ini lantaran kerap dimiripkan dengan setelan anggota Polri.


Ahmad mengatakan, kemiripan ini menimbulkan kebingungan di masyarakat. Menurutnya, masyarakat sulit membedakan antara polisi dan petugas satpam.


“Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam. Untuk membedakan pakaiannya rencananya warna seragamnya lebih muda sedikit dari baju Polri," kata Ahmad Ramadhan yang juga mantan Kabagpenum Ropenmas Divhumas Polri itu.


Polri terlebih dahulu melakukan pengkajian terkait perubahan warna seragam baru satpam ini. Selanjutnya, Polri mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) terkait perubahan warna seragam satpam tersebut.


Sebagai informasi, satpam merupakan profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga, perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri sebagai pembinanya.