Sempat Putus, Jalan Poros Majene-Mamuju Kembali Bisa Diakses

- Akibat gempa

Sempat Putus, Jalan Poros Majene-Mamuju Kembali Bisa Diakses
Alat berat dikerahkan untuk membuka kembali jalan penghubung Kabupaten Majene dengan Mamuju, Sulbar. (Dok. Kodam Hasanuddin via BNPB)






KABAR.NEWS, Makassar - Jalur darat yang menghubungkan Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) kembali dapat dilalui kendaraan pada Sabtu (16/1/2021) petang.


Sebelumnya, jalur poros Majene-Mamuju dilaporkan lumpuh setelah tertimbun longsor di 3 titik, akibat Gempa Bumi Sulbar dengan magnitudo 6,2 yang terjadi pada Jumat dini hari. (Lihat juga: Bantah Ada Penjarahan di Sulbar, Mensos Risma: Mereka Kelaparan)


"Alhamdulilah jalur Majene-Mamuju fix A1 udah tembus," kata Kepala Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB, Bambang Surya Putra, dalam keterangan yang dikutip dari laman BNPB.


Adapun jalur tersebut dapat kembali dibuka setelah Dandim 1401/Majene, Letkol Inf Yudi Rombe dari Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin, menugaskan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 8/SMG untuk membuka akses menggunakan alat berat.


Sebelumnya, Kepolisian Lalu Lintas Polres Polewali Mandar Sulbar, meminta masyarakat pengguna jalan untuk melewati jalur alternatif ke arah Mamuju-Majene sebab ada jembatan yang terputus. (Lihat juga:Data Sementara Korban Gempa Sulbar: 46 Meninggal, Ratusan Luka-luka)


Untuk pengendara dari Sulawesi Selatan, khususnya arah Kabupaten Pinrang, polisi mengarahkan pengguna jalan untuk melalui Jalan Poros Polman - Mamasa.