Sembuh dari Corona, Presiden Meksiko Konsisten Tak Pakai Masker

Meksiko tak wajib pakai masker

Sembuh dari Corona, Presiden Meksiko Konsisten Tak Pakai Masker
Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador. (Foto: Presidensia)






KABAR.NEWS, Meksiko - Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador menegaskan tetap tak akan memakai masker setelah sembuh dari penyakit Covid-19.


Penegasan itu disampaikan Lopez Obrador di Meksiko, pada Senin (8/2/2021) waktu setempat, saat konferensi pers pertamanya setelah hasil tes menunjukkan ia negatif Covid-19.


Saat wartawan bertany, apakah ia masih memakai masker sejak positif Corona pada 24 Januari 2021, Lopez lantas menjawab bahwa penyintas Covid-19 tak akan tertular kedua kalinya. Klaim tersebut didasarkan rekomendasi dokter.


"Tidak, tidak," kata Presiden Lopez Obrador dikutip dari laporan Reuters. "Selain itu, menurut apa yang dikatakan dokter, sekarang saya tidak menularkan," katanya, menambahkan.

Selain itu, Lopez Obrador menegaskan bahwa memakai masker di tempat umum bukanlah kewajiban di Meksiko. Dia menyebut penggunaan masker tergantung dari keputusan individu masing-masing.


"Di Meksiko tidak ada otoritarianisme, dilarang melarang, semuanya sukarela, yang terpenting adalah kebebasan dan setiap orang harus memikul tanggung jawabnya," ujarnya, mengutip pemberitaan media Meksiko, Aristegui.


Sebelum terkena Corona, politisi sayap kiri ini memang dikenal dengan sikapnya yang anti-masker. Padahal, opini publik Meksiko meyakini masker dan menjaga jarak aman dapat mencegah penularan virus mematikan ini.


Sebelum positif Corona, beberapa orang Meksiko mengatakan Presiden Lopez Obrador bisa terhindar dari infeksi seandainya dia mengenakan masker dan lebih menghormati jaga jarak.


Meski demikian, Lopez Obrador memuji pemerintahnya karena tidak memberlakukan penguncian wilayah atau pembatasan yang lebih ketat untuk menahan virus. Padahal Covid-19 telah membunuh lebih dari 166.000 orang di Meksiko. Jumlah kematian tersebut tertinggi ketiga di dunia.