Sembilan Siswa MTs Arifah Wakili Gowa di Jamnas Pramuka

- Para peserta mendapat pengalaman penting

Sembilan Siswa MTs Arifah Wakili Gowa di Jamnas Pramuka
Kesembilan kontingen Madrasah Arifah didampingi pembina pada Jambora Nasional (Jamnas) Pramuka di Bumi Perkemahan, Cibubur, Jakarta Timur. (IST/HO)






KABAR.NEWS, Gowa - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arifah turut mengirim sembilan siswa mewakili Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI Gerakan Pramuka tahun 2022 di Cibubur, Jakarta.


Direktur Madrasah Arifah Muh. Nurdin mengatakan, kesembilan siswa sudah berada di lokasi Jamnas Pramuka sejak 14 Agustus 2022 bersama ribuan peserta dari seluruh Indonesia. 


Adapun ke-9 siswa tersebut adalah Fazli Rafiansyah, Ibarkah Ramdhan, Taufan Bhaskara dan Aura Asyura. Kemudian Raini Luqyana, Rizky Nayla, Reski Amali, Nur Aqila Ramdhani dan Rezky Nurfadyyah. 


"Selama di Jamnas Pramuka, siswa Madrasaf Arifah Gowa didampingi Muzakkar selaku Pembina Pramuka," ujar Muh. Nurdin kepada wartawan di Gowa, Sabtu (20/8/2022).


Nurdin menjelaskan, kegiatan Jamnas dimulai dengan upacara pembukaan yang dibuka secara langsung oleh Pembina Kwartir Nasional Pramuka Indonesia, Budi Waseso. Jamnas ini dijadwalkan berakhir pada Minggu, 21 Agustus 2022.


"Beliau berpesan agar para peserta mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan jiwa korsa selayaknya karakter pemuda yang pantang menyerah," kata Nurdin menirukan penyampaian Budi Waseso.


Selama berada di Bumi Perkemahan Cibubur, para peserta mengikuti beberapa kegiatan seperti permainan persaudaraan & kebangsaan, wisata edukasi, scouting skills, petualangan air dan lainnya. 


Di lokasi Jamnas Pramuka, kontingen Pramuka Madrasah Arifah sendiri berada di sub kemah 4 Sultan Hasanuddin bersama peserta lain dari daerah yang berasal dari Sulawesi Selatan.


"Alhamdulillah Allah SWT, memberikan kesempatan kepada siswa kita, untuk megikuti event akbar gerakan Pramuka secara nasional di bumi perkemahan Cibubur Jakarta. Selain berbagi ilmu dan pengalaman dengan siwa/siswi lain secara nasional, kesempatan ini juga sangat berharga bagi peserta untuk mengembangkan diri mereka agar menjadi generasi yang cerdas berdedikasi dan berprestasi," kata Muzakkar.


Pembina Damping (Bindap) Pramuka Madrasah Arifah, Hamdan menambahkan, kondisi cuaca di Cibubur kerap berubah-ubah sehingga para peserta perlu dibekali dengan asupan gizi dan vitamin yang cukup agar dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan maksimal.