Skip to main content

Sematkan 233 Satyalancana Karya Satya, Bupati Gowa: Jadikan Motivasi

PEMKAB GOWA
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyematkan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya kepada 233 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa. (IST)

KABAR.NEWS, Gowa - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, atas nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyematkan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya kepada 233 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Selain penyematan Satya Lancana Karya Satya, Adnan juga melepas 193 ASN yang telah memasuki masa purna bakti tahun 2018, yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (15/8/2018) pagi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Muh. Basir menyampaikan, dari jumlah keseluruhan, 233 ASN menerima penganugerahan Satyalancana Karya Satya selama 10 tahun sebanyak 117 orang, 20 tahun 65 orang dan 30 tahun 51 orang.

Menurutnya,  ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada ASN yang telah bekerja dan mengabdi selama 10, 20 atau 30 tahun lebih secara terus-menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian kepada pancasila, UUD 1945 negara dan pemerintah.

Tak hanya itu, Basir juga mengatakan, persyaratan bagi ASN yang berhak mendapatkan penganugerahan Satya Lancana Karya Satya, yakni mereka yang tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat selama bekerja atau mengabdi sejak ASN tersebut diangkat menjadi calon PNS.

"Terkhusus untuk guru, tercatat sebanyak 161 orang telah diberikan penyematan penganugerahan Satya Lancana Karya Satya pada 2 Mei lalu, yang bertepatan pada hari pendidikan nasional," jelasnya.

Sementara, Bupati Adnan mengatakan, penganugrahan tanda kehormatan ini diberikan kepada ASN yang dalam melaksanakan tugasnya, selalu mampu mengedepankan prinsip-prinsip kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran dan kedisiplinan.

"Pemberian ini tidak berarti sebuah puncak di dalam pengabdian, namun harus diletakkan sebagai sebuah motivasi untuk terus melangkah maju dengan sebuah tekad agar hari ini lebih baik dari hari kemarin," tuturnya.

Ia berharap, ASN yang dianugerahi Satya Lancana kali ini harus mampu menjadi suri tauladan bagi seluruh ASN dan anggota masyarakat lainnya. "Saya berharap penganugerahan ini dapat dimanfaatkan sebagai bentuk pengajaran akan arti pentingnya loyalitas, dedikasi dan sebuah prestasi," ujarnya.

Sementara untuk Purna Bhakti ASN yang telah memasuki masa pensiun, kata Adnan, pensiun merupakan hak mutlak bagi para ASN dan menjadi pionir di jamannya. "Jadi harus tetap melanjutkan kiprah dan pengabdian di bidang lain," tandasnya.

"Kepada saudara-saudara yang telah memasuki masa pensiun dan menjalankan masa pensiun, teruslah berkiprah dan berikan kontribusi dan sumbangsi saudara-saudara, baik berupa tenaga, pikiran, saran, maupun kritik yang bersifat membangun dalam roda pemerintahan," terangnya.

Turut hadir di kegiatan ini, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (MUSPIDA), Sekretariat Daerah Gowa H Muchlis, Ketua Tim Penggerak PKK Priska Paramitha, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, H Musaddiyah Rauf, serta Para Pimpinan Lingkup Pemkab Gowa.