Skip to main content

Selamat Hari Buruh! Berikut Kutipan Tentang Hari Buruh Sedunia

Kutipan Tentang Hari Buruh Internasional
Ilustrasi Hari Buruh. (Vectorstock)

KABAR.NEWS - Hari Buruh atau lebih dengan May Day setiap tahunnya diperingati di seluruh belahan dunia, tepat pada hari ini, Rabu (1/5/2019).


Baca juga: 10 Kutipan Hari Perempuan Internasional di Google Doodle Hari Ini

Secara historis, Hari Buruh berawal dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politik hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan, perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. 


Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.


Dikutip dari Wikipedia, pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya.


Baca juga: FOTO: Bupati Kepulauan Talaud, Hobi Moge Hingga Ditangkap KPK

Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.

 

Untuk memperingati hal itu, kami menyajikan kutipan kata-kata tentang kerja dan Hari Buruh Internasional:



1. “Tidak ada pekerjaan yang tidak signifikan. Semua kerja yang mengangkat kemanusiaan memiliki martabat dan kepentingan dan harus dilakukan dengan keunggulan yang melelahkan." (Martin Luther King Jr, pejuang hak sipil Amerika Serikat)

 

2. "Pilih pekerjaan yang Anda sukai, dan Anda tidak akan pernah harus bekerja sehari pun dalam hidup Anda." (Confucius, Filsuf)


3. "Saya telah belajar dari pengalaman bahwa jika Anda bekerja lebih keras dan menerapkan lebih banyak energi dan waktu untuk itu, dan lebih banyak konsistensi,maka  Anda mendapatkan hasil yang lebih baik. Itu berasal dari pekerjaan." (Louis C.K, Komedian Meksiko)

 

4. "Ada sedikit harapan berharga untuk keluar dari apa pun yang membuat kita rajin, tetapi ada peluang bagi kita setiap kali kita berhenti bekerja dan menjadi penikmat bintang.”  (H.M. Tomlinson, penulis Inggris)


5. “Prestasi tertinggi adalah mengaburkan batas antara bekerja dan bermain.” (Arnold J. Toynbee, Sejarawan Inggris).

 

6. "Para pekerja seluruh dunia, bersatulah!" (Karl Marx, Filsuf)