Skip to main content

Selain Tren, Sepeda Tanpa Pedal Jadi Cara Efektif Mengasah Motorik dan Sensorik Si Kecil

Selain Tren, Sepeda Tanpa Pedal Jadi Cara Efektif Mengasah Motorik dan Sensorik Si Kecil
Ilustrasi. (Shutterstock)

KABAR.NEWS - Olahraga merupakan gaya hidup yang sedang digandrungi oleh masyarakat saat ini. Mulai dari gym, freeletic, hingga bersepeda. Namun ada satu yang unik yakni bersepda tanpa menggunakan pedal. 

 

Beberapa kalangan artis mulai melakukan trend ini untuk anaknya, salah satunya penyanyi jazz kenamaan Indonesia, Andien.

 

Sepeda tanpa pedal atau dalam istilah asing balance bike memang mirip dengan sepeda pada umumnya namun tentu saja sangat berbeda dari yang biasa kita gunakan, di mana jika sepeda memang mengharuskan kita untuk mengayuh agar tetap seimbang selama kita menggunakannya, lain hal nya dengan sepeda jenis ini yang benar benar melatih keseimbangan di mana kaki menjadi motor penggerak utamanya. 

 

Dengan desain pedal yang di perpendek tujuannya kaki anak bisa menyentuh tanah hal itu akan membuat si kecil belajar menyelaraskan gerak kaki sambil mengarahkan stang agar tetap bisa berjalan lurus atau pun berbelok.

 

Mengutip Cycles Prog, sepeda tanpa pedal ini biasanya didesain untuk anak usia 18 bulan hingga 5 tahun. Di awal anak mungkin akan kesulitan mengendarai sepeda jenis ini, namun anak akan terbiasa dan mencari cara sendiri untuk tetap bisa menjaga keseimbangannya. 

 

Hal ini juga membantu si kecil untuk menangani masalah mobilitas, mengasah perkembangan motorik dan sensorik si kecil. Mulai dari melatih fokus karena harus konsentrasi melihat ke depan hingga menguatkan otot jari dengan memegang stang sepeda. 

 

Tak hanya itu, berlatih balance bike juga bisa menguatkan tulang kaki anak. 
Si kecil juga bisa belajar mengendalikan rasa takutnya dan melatih rasa percaya diri.