Skip to main content

Sekber Appi-Rahman Terbentuk, Survei Elektabilitas Pun Beredar

Sekber Appi Rahman Terbentuk, Tren Survei Beredar
Munafri Arifuddin atau Appi bersama kader partai pengusung dan pendukung. (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Ketua DPC Partai Demokrat Makassar Adi Rasyid Ali didapuk menjadi Panglima Sekretariat Bersama (Sekber) atau Panser Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin - Rahman Bando (Appi-Rahman).


Selain Demokrat, Sekber Appi-Rahman beranggotakan elit partai PPP, Perindo dan PSI di Makassar. Pembentukan Sekber tersebut untuk memperkuat kerja-kerja politik kandidat ini.


"Oleh teman-teman saya dipercayai sebagai Panser. Panglima Sekber Appi-Rahman,” kata Adi Rasyid Ali dalam keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS, Senin (14/6/2020).


Baca juga: Lawan Covid-19, Appi-Rahman Sediakan Wisma Isolasi Mandiri

ARA sapaan akrab Adi menjelaskan bahwa sekber ini akan bekerja menyusun strategi pemenangan yang akan dijalankan oleh Appi - Rahman.


“Sifatnya juga monitoring dan evaluasi. Wilayah kerja kami beda dengan relawan. Di Sekber ini partai pengusung bersatu, sama-sama bekerja memenangkan kandidat. Jadi kami tidak terpisah-pisah,” lanjut Wakil Ketua DPRD Makassar ini.


Soal strategi-strategi apa saja yang dibisikkan ke kandidat, ARA menolak merincinya. Dengan alasan itu adalah urusan dapur Sekber Appi-Rahman.


“Maaf kalau itu tidak bisa keluar. Yang pasti, kandidat merespon dengan baik apa-apa yang Sekber dorong,” demikian ARA.


Elektabilitas Diklaim Meningkat


Sebuah flyer digital berisi hasil survei elektabilitas 4 pasangan bakal calon Makassar beredar ke WhatsApp Grup pada Senin hari ini.


Dari flyer itu terlihat elektabilitas Appi-Rahman naik 31,7 persen atau lebih tinggi dibanding tiga rivalnya menurut lembaga survei Polmark Indonesia yang tercatut dalam brosur digital tersebut.


Menanggapi beredarnya hasil survei tersebut, Juru Bicara Appi-Rahman, Fadli Noor, mengklaim elektabilitas jagoannya melampaui petahana Moh Ramdhan Pomanto dan pasangannya Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) sebesar 26,8 persen.


Menurut Fadli, tren elektabilitas tersebut merupakan realitas politik yang terbentuk dari kerja-kerja parpol beserta kader dan konstituennya selama ini.


"Gagasan besar Appi-Rahman untuk membawa Makassar Bangkit dengan penanganan Covid-19 yang lebih baik lalu melakukan pemulihan ekonomi juga merupakan solusi yang paling pas bagi masyarakat Makassar hari ini," kata Fadli.


Baca juga: Pilwalkot Makassar: Ribuan Pekerja Kalla Group Jadi Timses Appi-Rahman

"Kami melihat kandidat lain juga mulai ikut-ikutan masuk ke isu tersebut namun publik Makassar itu cerdas, tahu yang mana gagasan orisinal dan dideklarasikan lebih dulu."


Dari hasil survei yang diklaim milik Polmark Indonesia itu, terlihat elektabilitas pasangan Syamsu Rizal - Fadli Ananda berkutat pada angka 14,4 persen dan paket Irman Yasin Limpo - Andi Zunnun Halid sebesar 3,4 persen.


"Saat ini kami memastikan bahwa seluruh mesin politik yang hari ini berhasil meraih elektabilitas 31,7 persen akan terus bekerja pada sisa waktu yang tersisa hingga hari-H kami targetkan meraih kemenangan di atas 50 persen total suara sah," tandas Fadli.

 

Flower

 

loading...