Sejumlah Rekor Baru Tercipta di MotoGP Doha Qatar

Salah satunya 15 finis terdekat

Sejumlah Rekor Baru Tercipta di MotoGP Doha Qatar
Fabio Quartararo melakukan selebrasi usai menjuarai MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (5/4/2021). (Foto: MotoGP)

KABAR.NEWS - Balapan MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, yang dimenangkan Fabio Quartararo pada Senin dini hari, mencatatkan rekor baru. Rekor tersebut adalah 15 pembalap mencapai garis finis terdekat dalam sejarah.


Melansir laman MotoGP, torehan waktu Quartararo dengan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) yang finis di urutan 15 hanya berselisih 8,928 detik. Artinya lima belas pembalap yang mencapai garis finis sangat berdekatan.


Rekor finis sebelumnya juga tercatat di Sirkuit Losail Qatar. Menurut laman MotoGP, sirkuit ini memang memiliki "kebiasaan" membuat finis yang sangat tipis. Hal itu menunjukkan betapa luar biasanya balap motor Grand Prix di tahun 2021.


Secara spesifik lagi, selisih antara Yamaha, Ducati, Suzuki, KTM, Aprilia dan Honda di Doha malam tadi hanya 6,063 detik. "Keenam pabrikan telah membangun mesin yang sangat kompetitif bagi pengendara terbaik di dunia," tulis laman MotoGP.


Sama seperti balapan seri perdana tahun ini, yang juga di Qatar, selisih antara pemenang GP Qatar Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Jorge Martin (Pramac Racing) adalah 16,422 detik. 


Selain rekor baru finis terdekat, MotoGP Doha juga mengulang sejarah yakni podium satu dan dua adalah milik rider asal Prancis. 


Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha di podium satu dan kedua Johann Zarco (Pramac Racing) sebagai runner up. Prestasi ini terakhir kali terjadi pada tahun 1954.


MotoGP Doha juga menorehkan sejarah bagi Prama Racing untuk pertama kalinya ada rookie dari tim ini naik podium, yakni Jorge Martin yang finis di urutan ketiga.


Berikut finis 15 besar terdekat saat ini dalam sejarah MotoGP:

1. Grand Prix 2021 Doha (8,928 detik)
2. Grand Prix Qatar 2019 (15,093 detik) 
3. Grand Prix Aragon 2020 (15,941 detik)
4. Grand Prix Belanda 2018 (16,043 detik)
5. Grand Prix Qatar 2021 (16,422 detik)