Skip to main content

Segera Berlaku, Pendirian Usaha di Makassar Harus Seizin PD Parkir

Segera Berlaku, Pendirian Usaha di Makassar Harus Seizin PD Parkir
Kondisi parkir kendaraan bermotor di sekitar Jalan Boulevard Makassar. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota Makassar berencana menerbitkan Peraturan Wali Kota atau Perwali yang akan mengatur tentang pendirian usaha harus mengantongi rekomendasi dari Perusda Parkir. Hal ini dilakukan berkaitan dengan upaya menata parkiran kendaraan dan kemacetan lalu lintas.


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar, Andi Bukti Djufri mengatakan, rencana kebijakan dalam bentuk Perwali tersebut dilakukan atas dasar penguatan hukum untuk dilaksanakan.


"Jadi kita buatkan dulu Perwali supaya ada dasarnya memasukkan salah satu persyaratan untuk membuat izin," kata Bukti saat ditemui di Rujab Wali Kota Makassar, Jalan Penghibur, Selasa (25/2/2020).


Baca juga: Pilwalkot Makassar Masuk Daftar Rawan Konflik Level Tertinggi


Ke depannya, kata Bukti, setiap toko, restoran dan jenis usaha apapun yang ingin mengajukan izin usaha di DPM-PTSP Makassar wajib melampirkan rekomendasi dari PD Parkir.


Hal ini menurut Bukti untuk menata perparkiran yang ada di Kota Makassar. Sebab saat ini sejumlah usaha tidak memiliki lahan parkir yang memadai.


"Kita pastikan kalau ada usaha tidak memiliki lahan parkir atau memakai bahu jalan sebagai tempat parkir kita tidak akan beri izin atau izinnya kita tidak perpanjang lagi," jelasnya


Ia juga selama ini mengakui bahwa usaha di Kota Makassar cenderung mendapatkan izin yang tidak memiliki lahan parkir, sehingga menimbulkan masalah kemacetan.


"Paling banyak usaha ada izinnya itu ternyata tidak punya lahan parkir, dan ternyata itu salah satu penyebab kemacetan karena memakai bahu jalan. Bahkan beberapa restoran tidak memiliki lahan parkir," pungkasnya


Saat ini regulasi tersebut akan segera dibuat dan diusulkan menjadi perwali "Sekarang baru kita jalin kerja sama dengan PD Parkir kemudian kita buat dasar hukumnya. Sekarang bagian hukum sementara kaji itu," terang Bukti.


Baca juga: Dewan Segera Panggil Bos Sinar Galesong Tekait Komersialisasi Fasum


Sementara itu, Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah Gaffar mengaku hal tersebut merupakan gagasan yang baik, ia merasa perlu kerja sama lintas sektoral dalam menyelesaikan persoalan parkir di Makassar.


"Tempat usaha baik itu berupa ruko, cafe hotel, dan restoran wajib menyediakan lahan parkir. Sebelum izin usaha terbit, PD Parkir akan melakukan kajian mendalam di lapangan terkait lahan parkir sebelum memberikan rekomendasi. ini yang nanti akan kita sampaikan ke pengusaha untuk wajib menyediakan lahan parkir," tandasnya


Penulis: Fitria Nugrah Madani/CP/A

 

loading...