Skip to main content

Sebaiknya Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga, Ini Manfaatnya

Susu
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Aktivitas fisik dan olahraga membuat energi tubuh seseorang akan terkuras. Karena itu, asupan nutrisi dibutuhkan untuk mengembalikan tubuh agar kembali bugar. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, menyatakan jika minum susu terutama susu cokelat setelah berolahraga adalah pilihan terbaik.


Kesimpulan para peneliti menyatakan jika susu cokelat efektif memulihkan energi setelah berolahraga. Hasil ini diperoleh setelah melakukan uji coba terkontrol kepada mereka yang minum susu cokelat dan tidak minum susu cokelat seusai berolahraga sejak April 2017.


Hasilnya, susu coklat mampu membangkitkan energi dan menstabilkan denyut jantung dengan cepat ketimbang minuman lain yang dikonsumsi setelah berolahraga. Kelelahan pada tubuh akan cepat teratasi dan menjadi bugar kembali setelah minum susu cokelat. 


kandungan nutrisi makro pada susu cokelat, di mana susu cokelat memiliki rasio karbohidrat dan protein sebesar 4 : 1 yang baik sehingga proses pemulihan tubuh bisa berlangsung dalam waktu singkat. Selain itu mineral elektrolit dalam susu cokelat juga mampu menghidrasi tubuh dengan baik.


Dalam penelitian yang sama, para atlet yang rutin minum susu cokelat setelah berlatih mampu mempertahankan lebih dari dua kali jumlah cairan tubuh daripada minuman lainnya. Oleh sebab itu, ada baiknya memilih susu cokelat sebagai asupan nutrisi saat merasa lelah setelah berolahraga. Dengan catatan, konsumsi susu cokelat tersebut bebas dari kandungan pemanis yang terlalu tinggi. 

 

 

loading...