Satpol PP amankan Aset Dispar Sulsel senilai Rp13,4 miliar

* Lahan seluas 6 hektare

Satpol PP amankan Aset Dispar Sulsel senilai Rp13,4 miliar
Anggota Satpol PP dari Pemprov Sulsel mengamankan material bangunan yang berdiri secara liar pada lahan milik Dispar Sulsel di Tamalate, Makassar. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Makassar - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulawesi Selatan mengamankan aset milik Dinas Pariwisata (Dispar) Sulsel berupa tanah senilai Rp13,4 miliar di Kelurahan Balangbaru dan Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.


Penertiban aset tersebut digelar ratusan anggota Satpol PP Sulsel pada Selasa (8/11/2022). Pengamanan aset ini dilakukan dengan menggusur 30 bangunan liar yang berdiri pada lahan seluas 6,9 hektare tersebut. 


"Kami telah mengamankan aset milik pemprov yang tercatat di Dinas Pariwisata. Jadi, yang kita tertibkan itu lapak liar dan bangunan liar yang berada di lahan aset pemprov tersebut," kata Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Sulsel Indra Agriawan saat dihubungi, Rabu (9/11/2022).


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sebelum dilakukan penertiban, Dispar Sulsel telah melakukan sosialisasi secara langsung kepada pemilik lapak dan bangunan liar di sekitar aset.


"Bahkan sudah sampai mengeluarkan surat teguran pertama dan kedua. Sudah disampaikan mulai dari bulan Agustus 2022 yang lalu," jelasnya. 


Indra mengaku bahwa penertiban lahan berjalan aman, lancar, dan kondusif, tanpa adanya perlawanan dari masyarakat.


"Semua tertib dan berjalan dengan lancar, karena masyarakat sekitar juga sadar bahwa yang mereka lakukan itu salah, dengan menempati ruang yang bukan hak mereka. Hanya saja memang membutuhkan waktu yang lama untuk itu, karena wilayahnya yang sangat luas," tandas Indra.