Sandiaga Uno Dapat Tugas Berat dari Jokowi

- Sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sandiaga Uno Dapat Tugas Berat dari Jokowi
Sandiaga Salahuddin Uno saat berada di Kota Makassar beberapa waktu lalu. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)












KABAR.NEWS, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku punya tugas berat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19.


“Tugas dan amanah yang disampaikan oleh Bapak Presiden dan Wakil Presiden teramat sangat berat, karena kebangkitan Bangsa Indonesia untuk pulih dari Covid-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekraf akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi Covid-19, dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” kata Sandiaga dikutip dari Antara, Selasa (22/12/2020).


Sandiaga menjelaskan tugas lain dari Kemenparekraf adalah memastikan keberlanjutan dan ketahanan usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini terdampak pandemi Covid-19. (Lihat juga: Reshuffle Kabinet: Ketum Ansor Jadi Menag, Menkes Dijabat Sarjana Fisika)

Dampak pandemi telah menyebabkan banyak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.


"Sektor pariwisata dan ekraf ini akan menjadi lokomotif pascapandemi COVID-19 untuk kita melanjutkan agenda pembangunan di sektor ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk menghadirkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia,” ujarnya.


Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan strategi pengembangan pariwisata dan ekraf yang akan dia kembangkan adalah strategi inovasi dan adaptasi.


“Strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, menggunakan pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan dan memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekraf bisa bertahan, tapi bukan hanya survive , tapi juga thrive (tumbuh). Kedua adalah adaptasi, karena kita sekarang menghadapi pandemi, mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekraf,” jelasnya.

Jokowi menunjuk politisi Gerindra ini sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru menggantikan Wishnutama Kusubandio. Sandiaga mengisi jabatan bersama 5 menteri baru kabinet Indonesia Maju Jilid II.