Sandiaga Kunjungi Sa'Pak Bayo-Bayo, Bupati Tator sebut Sebagai Berkah

Harap kawasan wisata Tator dikembangkan

Sandiaga Kunjungi Sa'Pak Bayo-Bayo, Bupati Tator sebut Sebagai Berkah
Menpakrekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) memantau vaksinasi Covid-19 di objek wisata Sa'Pak Bayo-Bayo, Tana Toraja, Minggu (21/11/2021). (KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Tana Toraja - Menteri Pariwisata dan Ekonomian Kretif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (21/11/2021).


Salah satu objek wisata yang dikunjungi Sandiaga yakni pusat ziarah keluarga kudus Nazaret Sa'pak Bayo-bayo Toraja yang letaknya di Lembang Saluallo, Kecamatan Sangalla Utara, Tator. 


Di Sa'pak Bayo-Bayo, politisi Gerindra tersebut memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Pada kesempatan ini juga Sandiaga menyerahkan secara simbolis bantuan dari perusahaan Antis, sekaligus bantuan sembako sebagai hadiah bagi warga yang telah divaksin.


Sandiaga mengatakan, vaksinasi saat ini yang difasilitasi oleh Kemenparekraf RI merupakan langkah strategis bersama Antis untuk membangkitkan perekonomian dan pariwisata di Toraja Raya. Menurutnya, angka vaksinasi di Tator sudah cukup tinggi.


"Ini adalah prestasi yang dilakukan oleh Tana Toraja. Karena jika vaksinasi di Indonesia sukses, maka ekonomi kita akan bangkit kembali, dapat membuka lapangan kerja kembali dan objek wisata yang ada termasuk Sa'Pak Bayo-Bayo ini akan semakin berkembang ke depan," kata Sandiaga


Sandiaga menegaskan, jika pemerintah daerah dan seluruh warga bergandengan tangan saling mendukung, maka Kemenparekraf akan hadir untuk memberikan solusi.


Sementara Bupati Tator, Theofilus Allorerung menyebut warganya sangat antusias mengikuti vaksinasi. Dia mengatakan, vaksinasi merupakan satu-satunya jalan untuk melonggarkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat.


"Kami masyarakat Toraja sangat antusias melakukan vaksinasi, karena itu menjadi jalan keluar untuk membangkitkan pariwisata adalah seruan vaksinasi agar hidup kembali pariwisata Toraja," kata Theofilus.


Theofilus berpendapat, kehadiran Menparekraf Sandi merupakan sebuah berkat bagi orang Toraja yang dapat menjawab doa dalam perkembangan pariwisata.


"Berkat bagi kami yaitu kedatangan bapak Sandiaga Uno yang akan menjadi saluran berkat Tuhan untuk membuka dan menjawab doa orang Toraja untuk pemulihan ekonomi. Ini tidak ada rekayasa atau perencanaan, tapi kami sangat bersyukur," ungkapnya.


Theo berharap kepada Menparekraf Sandiaga Uno bisa menjadikan destinasi wisata di Tator sebagai prioritas, khususnya memperhatikan pengembangan destinasi wisata religi.


"Termasuk Sa'Pak Bayo-Bayo ini memang memiliki potensi menjadi wisata religi unggulan di Indonesia, semoga bisa dicanangkan menjadi kawasan wisata religi terbaik di Indonesia," tandas Theo.


Penulis: Febriani/B