Skip to main content

Sajian Produk Lokal Sulsel Akan Sambut Presiden Jokowi Diperingatan Harkopnas

Sejumlah stand yang mengikuti Koperasi Expo diperingatan Harkopnas yang dipusatkan di Lapangan Karebosi, Makassar, Rabu (12/7/2017).(KABAR.NEWS/Miftahul Khaeriyah)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang dijadwalkan akan dibuka secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), salah satu agenda mengajak RI 1 tersebut mengunjungi Koperasi Expo yang menyajikan kearifan lokal khas Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menyajikan Kopi Toraja, kain batik masing-masing daerah, pakaian adat dan penganan khas Sulsel, sebanyak 200 lebih stand dinyatakan siap memanjakan mata Jokowi dan rombongan agar lebih mengenal budaya Sulawesi Selatan.

"Selain kearifan lokal, pengunjung juga diberi kesempatan mengenal budaya luar negeri dengan menghadirkan 40 peserta mancanegara yang membuka 5 stand termasuk dari negara tetangga, Malaysia," ujar Anisa Desyana, selaku salah satu pelaksana kegiatan.

Baca Juga: Ini Rute yang Ditutup saat Kedatangan Presiden Jokowi di Makassar

 

Peserta lain, tambahnya, berasal dari 154 kabupaten/kota se-Indonesia dan provinsi Sulsel termasuk dari BUMN dan stand kuliner.

"Satu stand dibanderol sekitar Rp.27 juta di mana ada beberapa kabupaten dan kota yang mengambil hingga 3 stand. Yang pasti kita punya satu tujuan yaitu perkenalkan keanekaragaman khas dari tiap daerah," tambahnya.

Kegiatan yang dihelat 12 hingga 16 Juli tersebut memberikan free akses bagi masyarakat yang ingin berkunjung. Kecuali untuk kegiatan pembukaan yang menghadirkan Jokowi, tambahnya, harus menggunakan Id khusus. 

  • Miftahul Khaeriyah/***