Skip to main content

Rutin Dialog, Cara Humas Pemkot Makassar Ciptakan Good Governance

dialog
Narasumber saat memaparkan materinya dalam bentuk Coffee Morning di Kopi Alps, Jalan Dr Ratulangi, Makassar. (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Bagian Humas Pemerintah Kota Makassar kembali menggelar dialog rutin yang dikemas dalam kegiatan Coffee Morning, dengan tema yang diusung 'Optimalisasi Peran Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dalam mewujudkan Good Governance'.

Kegiatan yang berlangsung di Kopi Alps, Jalan Dr Ratulangi, Makassar, Rabu (15/8/2018) ini, menghadirkan dua narasumber, diantaranya Sekertaris Inspektorat Makassar Dahyal dan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kejari) wilayah Pelabuhan Makassar, Andi Irfan. Dialog dipandu moderator Andi Mangara.

Dalam paparannya, Andi Irfan menyampaikan peran TP4D dimulai dari tahapan perencanaan hingga serah terima pekerjaan. "TP4D berperan dalam mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan atau preventif dan persuasif," ujarnya.

Sejak dibentuk pada 2016 lalu, sekira empat SKPD lingkup Pemkot Makassar yakni Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah menjalin kerja sama dengan TP4D Kejari Makassar. Penandatanganan MoU itu berlangsung pada 5 April 2017.

Adapun poin di dalam Mou ini, diantaranya pemberian bantuan hukum, memberikan pertimbangan administrasi dan pengawalan hukum perdata dan tata usaha negara. "Pemkot Makassar sangat terbantu dengan hadirnya TP4D. Pengawalan yang dilakukan oleh tim ini memberi keyakinan kepada SKPD jika, program dan kebijakan pemkot yang terealisasi telah sesuai dengan aturan yang berlaku," pungkas Dahyal.

  • Andi Frandi

 

loading...