Rumah Cerdas Polsek Panakukkang Juga Galang Emak-emak Belajar Agama

Program Polsek Panakkukang dalam mencerdaskan warga.

Rumah Cerdas Polsek Panakukkang Juga Galang Emak-emak Belajar Agama
Polisi saat membagikan Juz Amma, Alquran, Masker dan Handsanitiser kepada para murid di Rumah Cerdas. (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Makassar - Rumah Cerdas yang digagas Kepolisian Sektor (Polsek) Panakkukang, menuai banyak apresiasi semua kalangan. Bagaimana tidak, dibuatnya rumah cerdas itu guna dapat membangun pribadi yang lebih baik kepada para Anak Jalanan (Anjal).

Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP Adzan Subuh mengapresiasi ide pembentukan rumah cerdas yang terletak di Kelurahan Masele, Kacamatan Panakkukang, Makassar tersebut.

"Ini dibentuknya rumah cerdas ini untuk membantu anak-anak jalanan yang tidak mendapatkan pendidikan formal akibat biaya. Disinilah Kapolsek melalui Bhabinkamtibmasnya membuat ide untuk bagaimana caranya anak-anak ini mendapatkan pendidikan," jelas Adzan kepada wartawan. Jumat (30/4/2021) siang.

Kata Adzan, rumah cerdas itu tidak hanya tempat belajar bagi anak-anak, melainkan sudah ada sejumlah emak-emak yang datang untuk belajar.

"Rata-rata anak disini diberikan pemahaman terkait agama, pengetahuan atau pelajaran lainnya. Selain anak-anak disini juga sudah ada ibu-ibu yang ingin belajar ilmu keagaman dan pengetahuan," kata perwira polisi berpangkat dua bunga melati itu.

Lanjut Adzan, dia berharap ide-ide yang seperti ini dapat di contoh oleh anggota polisi lainnya, karna menurutnya membantu sesama manusia sangatlah penting.

"Semoga rekan lainnya juga bisa membuat seperti ini, karna betapa pentingnya pendidikan. Inilah upaya yang sangat luar biasa yang dilakukan Polsek Panakkukang untuk mencerdaskan para anak-anak jalanan ini," ungkapnya.

Sementara, Kapolsek Panakkukang, Kompol Jamal Fatur Rakhman menjelaskan, pendirian rumah cerdas itu dilakukan sejak 2020 lalu, ide itu muncul ketika melihat banyaknya anjal yang tidak mengeyam pendidikan akibat biaya.

"Kami buat karena prihatin dengan banyaknya anak-anak yang tidak bersekolah, mereka hanya berkeliaran di lampu-lampu merah. Jadi melalui Bhabinkamtibmas serta pihak kelurahan kita kerja sama untuk membuatkan wadah para anak-anak ini untuk mendapatkan ilmu," kata alumni Akpol 2005 itu.

Hingga saat ini, rumah cerdas yang didirikan oleh Polsek Panakukkang melalui ide Kompol Jamal Fathur Rakhman kini terus menuai apresiasi dari berbagai kalangan.

Mulai dari pemerintah, komnas perlindungan anak serta Seto Mulyadi yang biasa disapa Kak Seto sahabat anak ini terus mendukung program Polsek panakukkang yang menyangkut tentang anak.

"Saya berharap ada lagi sosok seperti pak Kapolsek (Kompol Jamal Fathur Rakhman) kedepan nya, karena berkat ide beliau lah anak jalan bisa mengenyam pendidikan ditengah pandemi seperti ini," ucap Kak Seto.

Penulis: Reza Rivaldy/B