RSUD Parepare Berbagi Pil KB hingga Kondom di Hari Kontrasepsi Nasional

* Beragam akseptor KB secara gratis

RSUD Parepare Berbagi Pil KB hingga Kondom di Hari Kontrasepsi Nasional
Ilustrasi alat kontrasepsi kondom. (Pixabay)

KABAR.NEWS, Parepare - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan, turut memperingait Hari Kontrasepsi Nasional dengan membagikan pil keluarga berencana hingga kondom secara gratis.


Pelayanan KB Gratis tersebut meliputi pemasangan IUD/AKDR, Implan, Suntik, Pil dan Kondom. Kegiatan ini melibatkan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang dimulai 26 September hingga 4 Oktober 2023.


Staf Poli PKBRS RSUD Andi Makkasau, Asriana mengatakan pihaknya membuka pelayanan berbagai jenis akseptor KB. Masyarakat yang ingin memasang KB, akan diedukasi lebih dulu.


"Jadi kita melayani akseptor KB apapun itu jenisnya secara gratis. Dan sebelum menggunakan alat kontrasepsi, semua pasien akseptor ini diberikan konseling, gunanya untuk mengedukasi pasien terutama efek samping setelah memasang alat kontrasepsi," kata Asriana dalam keterangan tertulis, Kamis (28/9/2023).


Pemberian konseling atau edukasi kepada calon akseptor KB ini, kata dia, dilakukan agar pasien tidak panik ketika menemui efek samping setelah pemasangan KB.


"Begitu juga ketika sudah dilakulan pemasangan, semua klien KB akan dikontrol. Juga bagi pasien yang melahirkan secara SC, kita juga kontrol melalui alarm berencana, " tandasnya.


Pelayanan KB Gratis ini tambah Asriana, dilakukan hingga 4 Oktober mendatang dengan target 1.500 akseptor.