RSUD Jeneponto akan Peringati HGN 2022 dengan sejumlah Lomba

*Termasuk acara donor darah

RSUD Jeneponto akan Peringati HGN 2022 dengan sejumlah Lomba
RSUD Lanto Daeng Pasewang Jeneponto. (KABAR.NEWS/Akbar)












KABAR.NEWS, Jeneponto - Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, akan memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) yang pada 25 Januari 2022.


Ketua panitia pelaksana HGN RSUD Jeneponto dr. Pasriyani mengatakan pihaknya akan melaksanakan beberapa kegiatan yang bernuansa kesehatan.


"Zumba bersama tanggal 21 Januari 2022. Lomba Menu Bekal Sehat tanggal 21 Januari 2022. Donor darah tanggal 24 Januari 2022," ujar dr Pasriyani kepada KABAR.NEWS via telepon, Selasa (11/1/2022).


Meski kegiatan ini dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, dokter Ahli Gizi ini mengaku akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


"Tentu, protokol kesehatan yang paling utama dalam pelaksanaan kegiatan nanti," jelasnya.


Dia menjelaskan setiap peserta wajibkan memakai masker. Jarak peserta yang ikut lomba juga akan diatur.


Selain lomba kesehatan, pihaknya juga akan melaksanakan donor darah. Aksi kemanusiaan ini dipusatkan di ruang lantai I RSUD Jeneponto.

Dengan kegiatan donor darah, ia mengajak warga untuk secara sukarela mendonorkan darahnya. Saat ini hampir seluruh jenis golongan darah stoknya sudah menipis di tempat penyimpanan.


Juru Bicara Satgas RSUD Jeneponto ini menuturkan, per 11 Januari 2022, stok darah golongan darah tersisah A 9 bag, B 1 bag, AB 1 bag, O 17 bag. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan.


"Kami menghimbau kepada warga agar kiranya bisa mendonorkan darahnya, setetes darah sangat dibutuhkan," ungkapnya.


Dia menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa mendatangi RSUD Jeneponto. Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa yaitu pukul 10.00 sampai 14.00 WITA.


"Besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B