RSUD Andi Makkasau Imbau Warga Jaga Kebersihan Cegah Cacar Monyet 

*Rumah sakit tipe B ini sudah menyiapkan pelayanan Monkeypox

RSUD Andi Makkasau Imbau Warga Jaga Kebersihan Cegah Cacar Monyet 
Direktur Utama RSUD Andi Makkasau Parepare dr. Renny Anggraeni. (IST/HMS)

KABAR.NEWS, Parepare - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dr. Renny Anggraeny Sary menyatakan pihaknya mulai sudah bersiap mengantisipasi penyebaran virus cacar monyet atau Monkepox.


Renny mengatakan, jajaran tenaga medis di rumah sakit tipe B siap siaga dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, termasuk kesiagaan mengantisipasi penyebaran penyakit cacar monyet.


"Jajaran tenaga medis kami tetap bertugas setiap hari sesuai jadwal. Seperti biasanya kami semaksimal mungkin memberikan pelayanan dan penanganan terhdap pasien. Sejauh ini kami belum temukan pasien dengan gejala cacar monyet," ujar Renny dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/9/2022).


Pada kesempatan ini, Renny mengimbau masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.


"Sangat penting menjaga prilaku sehat. Jaga lingkungan tetap bersih. Terapkan protokol kesehatan misalnya rutin mencuci tangan pakai masker saat keluar rumah. Dan yang penting olahraga, istirahat yang cukup serta konsumsi vitamin," imbau mantan wadir Pelayanan RS Andi Makkasau itu.


Ditanya terkait sistem penanganan atau obat bagi penderita penyakit cacar monyet, Renny mengatakan ada jenis obat tertentu yang sudah disiapkan.


Seperti yang diberitakan sebelumnya, virus cacar monyet kini tengah mewabah di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan. 


Wali Kota Parepare Taufan Pawe menyikapi kondisi itu. Dia melakukan langkah antisipasi dengan cara menginstruksikan pihak RSUD Andi Makkasau dan Dinas Kesehatan menyiapkan posko aduan.


"Sebagai upaya antisipasi kita instruksikan Dinkes dan RSUD membuka posko aduan. Menyiapkan kanal atau saluran informasi terkait antisipasi cacar monyet ini," ucap Taufan Pawe.


Selain itu Taufan Pawe juga mengimbau masyarakat segera memeriksakan kondisi kesehatan di fasilitas kesehatan jika merasakan ada gejala cacar monyet.


"Segera periksakan kondisi kesehatan anda di fasilitas kesehatan yang ada. Kita ajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan pola hidup sehat," tandas Taufan Pawe.


Penulis: Arsyad/C