RS Primaya Makassar Tambah Dokter Ahli dan Teknologi Klinik Bayi Tabung

* Selama ini menjadi langganan program bayi tabung di Sulsel

RS Primaya Makassar Tambah Dokter Ahli dan Teknologi Klinik Bayi Tabung
Konferensi pers Primaya Hospital Group mengenai peningkatan layanan klinik bayi tabung IVF di RS Primaya Makassar. (IST)






KABAR.NEWS, Makassar - Rumah Sakit Primaya Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terus meningkatkan fasilitas klinik bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF). Terbaru, anak perusahaan Primaya Hospital Group ini menambah dokter ahli dan teknologi IVF.


Direktur Utama PT Anugerah Bangsa Indonesia anak perusahan Primaya Group, Ade Gustian Yuwono, mengatakan selama lima tahun terakhir Klinik IVF di lantai 9 RS Primaya Makassar telah melayani lebih dari 4 ribu pasien.


"Di mana lebih dari 1.500 di antaranya telah terkonversi menjadi Cycles IVF. Kami berencana meningkatkan fasilitas Klinik sehingga dapat melayani lebih banyak masyarakat yang membutuhkan layanan bayi tabung atau IVF," kata Ade Gustian dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/12/2022).


Saat ini layanan IVF di RS Primaya Makassar hanya mampu melayani 350 pasangan setiap tahun, karena itu Primaya memutuskan untuk menambah fasilitas klinik serta teknologi IVF terbaru agar mampu melayani 1.000 pasangan setiap tahun dengan tingkat keberhasilan meningkat di atas 50 persen


Ade menyebut, potensi pengembangan layanan bayi tabung / IVF di Kota Makassar maupun di Provinsi Sulawesi Selatan sangat besar. Setiap tahun terdapat kurang lebih 72.000 pernikahan di Provinsi Sulawesi Selatan, dimana prevalensi ketidaksuburan sebesar 11 persen.


"Artinya setiap tahun terdapat penambahan kasus pasangan infertil atau kurang subur sebanyak 7.920 pasangan," tambah Ade. 


Untuk memenuhi pelayanan tersebut, Primaya IVF Makassar telah menggandeng ahli fertilitas terkemuka di antaranya Prof.dr. John Rambulangi, SpOG, (K)-Fer, kemudian Dr. dr. Sam Richard Rambulangi, SpOG, (K)-Fer dan dr. Nathalia Mappewali, SpOG. 


Para dokter ahli fertilitas itu akan dibantu tim dokter Andologi yaitu dr. Rahmawati, Sp.And dan dokter urologi dr. Khoirul Kholis Sp.U untuk memastikan layanan prima bagi semua pasien yang membutuhkan layanan IVF / Bayi Tabung. 


Klinik IVF Primaya Makassar dilengkapi teknologi yang dikembangkan termasuk ICSI / IMSI, Timelapse incubator, PGTA maupun terapi adjuvant terbaru seperti PRP.


Sekadar diketahui, Primaya Hospital Group saat ini berusia 16 tahun dan berkembang sangat pesat dengan berbagai inovasi pelayanan kesehatan yang holistik guna memberikan layanan lebih baik kepada para pasien setia Primaya, termasuk kepada masyarakat Makassar ataupun Sulsel pada umumnya.


Inovasi pelayanan kesehatan terbaru dari Primaya Hospital Group antara lain meliputi Kavacare – sebuah layanan Home Care Service bagi para pasien yang terbatas mobilitasnya, Sismedika – layanan pengembangan Hospital Information System (HIS), serta terus berinovasi mengembangkan berbagai layanan unggulan Center of Excellence (CoE) antara lain Pain Management, Cardiology, Oncology, Neurology, dan tentunya Obstetric -Gynecology serta Pediatrics.


Primaya Hospital Group saat ini telah memiliki 15 Rumah Sakit Primaya di seluruh Indonesia dan ke depan Primaya berkomitmen untuk mengembangkan jaringan Klinik IVF di beberapa Rumah Sakit Primaya.