RS Hasri Ainun Habibie punya Program Pandu Bumil Cegah Stunting

* Bergerak bersama turun Stunting

RS Hasri Ainun Habibie punya Program Pandu Bumil Cegah Stunting

KABAR.NEWS, Makassar - Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare 2023 dinilai prospektif, menyentuh langsung masyarakat, bahkan ada yang turut mensukseskan program nasional.


Seperti halnya Inovasi Pandu Bumil ke Rumah Sakit Dokter Hasri Ainun Habibie (HAH) yang langsung dapat jempol dari tim penilai saat presentasi dan wawancara di Kantor Puslitbang KMP LAN RI Makassar, Jumat (3/3/2023).


"Untuk Pandu Bumil ini langsung dapat jempol tim penilai karena dinilai betul-betul pengabdian tenaga kesehatan untuk mensukseskan program nasional menurunkan angka stunting dengan berbagai kegiatan kegiatan yang berbasis pengabdian sebagai ASN berakhlak," ungkap Inovator Pandu Bumil, Armawanti.


Armawanti memaparkan, inovasi Pandu Bumil ini adalah layanan gratis dan kerja kolaboratif bersama tim yang di-SK-kan Direktur RS HAH, bertujuan menarik minat pasien khususnya ibu hamil (Bumil) melahirkan di RS HAH. 


Dengan inovasi ini ibu hamil akan mendapatkan berbagai pelayanan terpadu seperti senam ibu hamil, informasi dan edukasi (KIE) tentang sehat sampai lahiran, dan pemeriksaan USG gratis. 


"Inovasi ini menjadikan RS dr Hasri Ainun Habibie sebagai rumah sakit medical tourism seperti yang dicita-citakan Bapak Wali Kota Parepare Taufan Pawe," papar Arma, sapaannya.


Arma yang melakukan presentasi di hadapan tim penilai, bersama anggota tim lainnya yakni untuk teknis kebidanan dijawab oleh Bidan Herma dan pertanyaan tentang manajemen dijawab oleh Wawan.


Dampak dari inovasi ini, terlihat dari 0 angka kunjungan ibu hamil, kini sudah meningkat sampai ada yang sudah melahirkan di RS HAH. 


"Betul-betul kami ASN berinovasi bagaimana caranya menarik dan menambah jumlah kunjungan di RS Hasri Ainun Habibie dan mewujudkan cita-cita Bapak Wali Kota. Jadi dari rumah sakit baru lahir 0 kunjungan, sekarang meningkat signifikan," kata Arma. 


Secara khusus Plt Direktur RS HAH, dr Mahyuddin Rasyid SPb FINACS FICS mengaku bangga dan mengapresiasi kinerja Tim Pandu Bumil. "Kami bangga kerja kerja kolaborasi dari Tim RS Hasri Ainun Habibie, yang menciptakan perubahan sungguh luar biasa. Terima kasih semua tim, ini adalah wujud ASN Ber-akhlak yang berbasis pengabdian," tandas dr Mahyuddin.


Penulis: Arsyad/C