Skip to main content

Roket SpaceX Meledak Sehari Sebelum "Launch America"

Roket SpaceX Meledak Sehari Sebelum "Launch America"
Roket Starship meledak di stasiun uji coba Spacex di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat, Jumat (29/5/2020) waktu setempat. (Twitter/Tangkapan Layar)

KABAR.NEWS - Sebuah roket prototipe Starship yang dibuat perusahaan SpaceX meledak pada Jumat (29/5/2020) saat diuji coba di Texas, sehari menjelang peluncuran bersejarah Amerika Serikat atau Launch America.


Ledakan roket pada uji coba tersebut, menurut laporan The Guardian, tidak terkait dengan roket SpaceX yang akan diluncurkan oleh dua astronot NASA di Kennedy Space Center Florida, pada Sabtu (30/5/2020).


Insiden meledaknya rokte prototipe Starship tersebut memicu bola api raksasa, namun dilaporkan tidak menimbulkan cedera serius oleh teknisi yang bertugas. Perusahaan luar angkasa SpaceX belum berkomentar terkait insiden ini.



Starship merupakan roket setinggi 394ft, dirancang oleh perusahaan milik Elon Musk tersebut untuk membawa manusia dan 100 ton muatan ke bulan dan Mars.


SpaceX adalah salah satu di antara tiga perusahaan yang memenangkan tender proyek NASA senilai 1 miliar dolar AS untuk mengembangkan sistem roket yang mampu mengangkut kargo dan manusia ke bulan. SpaceX mengusulkan Starship untuk proyek tersebut.


Pada Kamis (28/5/2020) NASA menunda peluncuran roket Falcon 9 milik Space X dan kapsul Crew Dragon ke luar angkasa oleh dua Astronot Robert L. Behnken dan Douglas G. Hurley, karena cuaca buruk.

 

Flower

 

loading...