Revitalisasi RPH Rampung, Pemkot Makassar Target Lumbung Daging Nasional

Revitalisasi RPH Makassar menghabiskan anggaran Rp 13 miliar untuk pembebasan lahan.

Revitalisasi RPH Rampung, Pemkot Makassar Target Lumbung Daging Nasional
Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saar peresmian revitalisasi RPH Manggala, Makassar, Senin (8/2/2021). (Foto: Humas Pemkot Makassar)






KABAR.NEWS, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah meresmikan revitalisasi Rumah Potong Hewan (RPH) berlokasi di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar. Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk melakukan revitalisasi, sebab kondisi RPH sebelumnya memprihatinkan. 

"Kami berterima kasih Pemprov Sulawesi Selatan yang telah menganggarkan untuk pembangunan RPH di Kota Makassar yang memang ini dulu boleh dikata tidak memenuhi persyaratan baik dari sisi higienitas maupun dari sisi tata cara pemotongan," ucap Rudy di RPH Tamangapa, Senin (8/2/2021). 

Sebelumnya, tidak hanya bangunan namun kata Rudy kondisi daging pun juga tidak terjamin sehingga RPH sangat butuh menjadi prioritas perbaikan. RPH, sambung Rudy harus menjadi aset betul-betul dijaga Pemkot Makassar 

"Bahkan tadi sempat bincang-bincang bahwa disebut daging-daging kita makan itu bisa saja sudah tidak memenuhi unsur-unsur kesehatan dari sisi higienitas, tentu dengan kehadiran RPH ini merupakan suatu hal yang sangat penting bagi Pemkot Makassar dan tentu kami berharap nanti di dalam pengoperasiannya betul-betul ini dijaga," jelasnya

Rudy juga menyampaikan target Pemprov Sulsel untuk menjadikan RPH Manggala sebagai lumbung daging nasional. Ia menjamin Pemprov Sulsel akan terus memberikan perhatian untuk pengembangan RPH tersebut. 

"Kita bisa mendukung program pemerintah Sulawesi Selatan dalam menghadirkan suatu program daging sebagai lumbung daging nasional. Saya yakin dan percaya insyaallah pemerintah provinsi tidak akan henti-hentinya memberikan perhatian terhadap kita khususnya terkait dengan bagaimana mengembangkan ke depan RPH Manggala ini," paparnya.

Untuk pengembangan lebih lanjut, Rudy mengatakan pihaknya telah menyiapkan lahan sebesar 3,1 hektar dari ketersediaan 5 hektar saat ini. Pihaknya bahkan sudah menyiapkan dana sebanyak Rp 13 miliar untuk pembebasan lahan. 

"Luas lahan di area ini yang tersedia sekarang ini kurang lebih 5 hektar dan untuk pengembangan selanjutnya masih membutuhkan lahan 3,1 hektar. Alhamdulillah di pemerintah kota kita sudah mengalokasikan 13 miliar untuk pembebasan lahannya untuk pengembangan lebih lanjut," pungkasnya.

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B