Skip to main content

Revitalisasi Balla Lompoa, Bupati Gowa: Kita Target Bulan Mei Mulai

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama jajaran menggelar Seminar Budaya Menggagas Model Revitalisasi Museum Balla Lompoa. 

 

KABAR.NEWS, Gowa - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan membuka secara resmi Seminar Budaya Menggagas Model Revitalisasi Museum Balla Lompoa, yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang. Kamis (21/3/2019). 

 

Dalam sambutannya, Bupati Adnan mengatakan, pihaknya ingin merevitalisasi museum Balla Lompoa ini menjadi yang terbaik di Sulawesi Selatan. Sama halnya saat merevitalisasi lapangan Syekh Yusuf dan Syekh Yusuf Discovery yang telah ditargetkan rampung tahun ini. 

 

"Olehnya kita juga ingin museum Balla Lompoa tetap sakral, mana yang boleh di ganggu dan mana yang tidak boleh diganggu, mengingat Balla Lompoa sudah menjadi cagar budaya. Dan itulah yang kita ingin sehingga kita memiliki kesamaan persepsi berkaitan dengan mana saja tempat dikawasan museum Balla Lompoa ini yang boleh direvitalisasi dan yang tidak boleh direvitalisasi," jelas Bupati Adnan. 

 

Dengan begitu, harapan Bupati Adnan, dengan dilaksanakan seminar ini selain menyatukan persepsi, juga diharapkan mampu menerima masukan dari pelbagai pihak berkaitan dengan model seperti apa yang akan digagas dalam revitalisasi Balla Lompoa ini. 

 

"Yang jelas semua masukan dan saran nanyinya akan kami kaji dengan baik. Kemudian kami sesuaikan dengan gambar yang akan kami koordinasikan kepada konsultan perencana yang memenangkan dari tender tersebut," jelas orang nomor satu di Gowa ini. 

 

Lanjutnya, setelah desain dan gambar telah rampung, makaihak Pemda akan kembali melakukan seminar terkait hasil desain dari Museum Balla Lompoa tersebut. 

 

"Sehingga diharapkan gambarnya betul-betul matang baru akan kita lakukan proses revitalisasi," tambahnya. 

 

Bupati Adnan pun dengan gamblang mengatakan, proses pelaksanaan revitalisasi sudah dilakukan pada Mei mendatang. 

 

Mengingat waktu yang dibutuhkan cukup lama. Dan jika keuangan daerah Pemkab Gowa mencukupi untuk menambah anggaran revitalisasi Balla Lompoa, maka Bupati Adnan memastikan akan menambahnya. 

  • Afrilian Cahaya Putri

 

loading...