Resmikan Sirkuit Ratona, Rusdi Masse: Setelah Ini Ada 3 Event Lagi

* Disebut sirkuit night race terbaik

Resmikan Sirkuit Ratona, Rusdi Masse: Setelah Ini Ada 3 Event Lagi
Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulsel, Rusdi Masse (kedua kiri) meresmikan Sirkuit Balap Motor Ratona di Kota Palopo, Sabtu (29/7/2023). (IST)

KABAR.NEWS, Palopo - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan (Sulsel), Rusdi Masse atau RMS memastikan Sirkuit Balap Motor Ratona Kota Palopo kembali akan menjadi tuan rumah perhelatan balap motor bergengsi.


Itu disampaikan RMS saat meresmikan Sirkuit Ratona Palopo sekaligus membuka Kejuaraan Nasional Motoprix Seri 2 Region D, Sabtu (29/7/2023) malam. Ia memuji kualitas Sirkuit Ratona sebagai arena balapan malam terbaik.


"Ini arena balap night race terbaik. Semoga apa yang dilakukan saat ini memiliki kelanjutan untuk event berikutnya. Dan ada tiga event lagi setelah ini mengarah ke kota Palopo untuk melaksanakan balapan," kata RMS dalam keterangan tertulis.


Event Kejurnas MotoPrix di Sirkuit Ratona pada malam tadi disesaki puluhan ribu pasang mata. Ruas protokol yang menjadi akses ke arena ini dipadati kendaraan hingga macet total.


RMS menyampaikan bahwa IMI sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Palopo yang telah membangun sirkuit permanen tersebut.


"Terima kasih kepada wali kota Palopo yang telah membangun sirkuit yang sangat megah ini. Sirkuit ini bukan saja dari segi olahraganya, tapi kota Palopo memiliki wisata baru," kata RMS.


Sementara itu, Wali Kota Palopo Judas Amir mengatakan apa yang dinikmati atas hadirnya sirkuit tersebut merupakan wujud kebersamaan yang direncanakan dengan DPRD.


"Apapun yang akan dilaksanakan pemerintah daerah harus sejalan dengan persetujuan dengan DPRD. Karena sebagai wali kota juga berpikir bagaimana road race ini bisa ada di kota Palopo dan keberadaannya diakui IMI luar biasa," katanya.


Sirkuit Ratona dibangun Pemkot Palopo selama 3 tahun sejak tahun 2021 dengan anggaran sekitar Rp49 miliar. Panjang lintasan 1,7 KM dilengkapi dua tribun penonton. Sirkuit ini berlokasi di Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan, Palopo.