Skip to main content

Rencana IAS Pindah Lapas, Kanwil Kemenkumham Sulsel: Lapas Makassar Over Kapasitas

Tak Ada Sel Khusus Bagi "IAS" Jika Pindah ke Lapas Makassar
Kepala Wilayah Kemenkum HAM Sulawesi Selatan, Imam Suyudi saat ditemui di Rutan Makassar, Kamis (10/1/2019). (KABAR.NEWS/Lodi Aprianto)

KABAR.NEWS, Makassar - Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, rencananya akan di pindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Jawa Barat, ke Lapas Kelas IA Makassar. 



Namun, keberadaan Mantan Wali Kota Makassar dua periode ini nantinya di Lapas Makassar, dipastikan tak kan ada ruangan spesial atau ruangan khusus. IAS nantinya akan ditempatkan bersama warga binaan lainnya.


"Tidak ada ruangan spesial, karena sudah over kapasitas dan semuanya sama," ucap Kepala Wilayah Kemenkum HAM Sulawesi Selatan, Imam Suyuti, saat ditemui di Rutan Makassar, Kamis (10/1/2019) siang.


Dia menjelaskan bahwa sampai saat ini, pihaknya telah mengirimkan surat administrasi ke pusat yakni Ditjen PAS Kementrian Hukum dan HAM RI, terkait kesiapan Lapas Makassar untuk menerima pemindahan IAS dari Lapas Sukamiskin.


"Kami untuk menyangkut beliau, sifatnya menunggu pasif. Prosedur administrasi kita sudah kirimkan kesana (Ditjen PAS). Tinggal hanya, kalau kapan dipindahkan ke sini kami siap terima," tambahnya.


"Yang jelas kapan saja. Secara administrasi sudah di kirim ke pusat bahwa kami siap," tambahnya lagi.


Sebelumnya, Kepala Lapas Kelas IA Makassar, Budi Sarwono saat dikonfirmasi membenarkan adanya surat permohonan pemindahan Ilham Arief Sirajuddin. 


"Iya ada surat permohonan dari Sukamiskin yang ditembuskan ke kita, tapi harus ada persetujuan dari pusat," kata Budi, Jumat (4/1/2019) malam lalu.


Menurutnya, pemindahan IAS saat ini masih menunggu persetujuan dari Ditjen PAS Kementrian Hukum dan HAM RI. Hal itu karena, dalam peraturan yang ada, pemindahan warga binaan antar provinsi harus persetujuan Ditjen PAS.



"Jadi gini, kalau satu provinsi itu kantor wilayah. Tapi kalau antar provinsi itu Direktorat Jendral Pemasyarakatan," lanjut Budi. 


Diketahui, Ilham Arief Sirajuddin didakwa empat tahun penjara dalam kasus dugaan korupsi kerjasama Rehabilitasi, Operasi, dan Transfer Instalasi Pengolahan Air II Panaikang di PDAM Makassar periode 2007-2013.
 


  • Lodi Aprianto