Rekonstruksi Pembunuhan di Jeneponto, Pelaku Tebas Korban pada Adegan ke-4

Kakek Sanusi di Arungkeke

Rekonstruksi Pembunuhan di Jeneponto, Pelaku Tebas Korban pada Adegan ke-4
Proses rekonstruksi pembunuhan kakek Sanusi yang digelar di sekitar Polres Jeneponto, Rabu (16/6/2021). (KABAR.NEWS/Akbar Razak)












KABAR.NEWS, Jeneponto - Kepolisian Resort Jeneponto, Sulawesi Selatan, menggelar rekonstruksi pembunuhan pembunuhan kakek Sanusi (69), warga Desa Arungkeke Palantikang, Kecamatan Arungkeke, Jeneponto, Rabu (16/6/2021).


Rekonstruksi yang digelar di belakang Polres Jeneponto, tersangka pembunuhan bernama Lalo (61) hadir memperagakan 6 adegan proses tewasnya korban di area persawahan desa setempat pada 25 Mei 2021. 


Kanit Tindak Pidana Umum (Tipidum) Polres Jeneponto Bripka Jusman menjelaskan, Lalo menghabisi nyawa Sanusi dengan cara ditebas memakai parang dan terjadi pada adegan keempat. 


Adegan pada rekontruksi dimulai saat pelaku bertemu dengan korban di area kebun tempat jenazah korban ditemukan. Pada adegan tersebut, Sanusi sudah tergeletak dan tak berdaya di tanah. Tersangka kemudian mengayunkan sebilah parang yang mengarah ke pinggang korban.


"Jadi pelaku memerangi korban itu di adegan keempat. Itu ada beberapa tahapan untuk adegan. Lebih jelasnya semuanya tertuang pada adegan 4," jelas Jusman.


Setelah menghabisi nyawa Sanusi, pada adegan ke-5, tersangka kemudian langsung meninggalkan korban dan menuju ke rumah orang tuanya dengan melalui jalur persawahan.


Di adegan ke-6, dipertengahan jalan tepatnya di lorong rumah orang tua tersangka, tersangka bertemu dengan seorang lelaki yang saat itu sedang mengendarai sepeda motor. Lelaki tersebut merupakan saksi. Sebab, ia membonceng tersangka menuju ke Polsek Batang.


"Jadi motif atas pembunuhan itu kita masih mendalami hasil BAP tersangka," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/A