Rekapitulasi KPU Pangkep, MYL-SS Raih Suara Tertinggi

paslon MYL-SS dipastikan memenangi Pilkada 2020 di Kabupaten Pangkep

Rekapitulasi KPU Pangkep, MYL-SS Raih  Suara Tertinggi
Proses perhitungan suara KPU Pangkep












KABAR.NEWS, Pangkep — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, termasuk di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) memasuki penghujung tahapan, dengan digelarnya rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkep, Rabu(16/12).

Hasil rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan ditingkat Kabupaten. Pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 yang diusung Partai NasDem,  Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (MYL-SS) peroleh suara sebanyak 72.973 suara. 

Disusul paslon Rahman Assagaf-Muammar Muhayang (Ramah) peroleh 53.348 Suara, kemudian Paslon Andi Ilham Zainuddin-Rismayani (Aiz-Risma) peroleh 41.564 suara, dan paslon Andi Nirawati-Lutfi (Anir-Lutfi) peroleh suara 30.467 suara.

Dengan demikian, paslon MYL-SS dipastikan memenangi Pilkada 2020 di Kabupaten Pangkep. Ketua KPU Kabupaten Pangkep, A Burhan menjelaskan, tahapan ini masih pada pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara.

Penetapan kemudian dilakukan setelah rentang waktu paling lama delapan hari kedepan. “Paling lama tiga hari kedepan, paslon diberi waktu untuk mengajukan gugatan ke MK terhadap hasil rekapitulasi yang dilakukan. Kemudian menunggu lagi 5 hari kedepan untuk memastikan ada tidaknya gugatan yang dilayangkan paslon dari kabupatan/kota lainnya yang menggelar pilkada. Setelah itu tahapan penetapan baru dapat dilakukan,”jelasnya.

Ditambahkan, dari target partisipasi pemilih 75 persen, dapat dicapai hingga 83,29 persen. “Tentu ini tidak terlepas dari semua pihak yang terlibat menyukseskan penyelengaraan pilkada ini. Meski dalam kondisi pandemi Covid-19,”tambahnya.

Penulis : Saharuddin/B