Ratusan Rumah di Bontotangnga Jeneponto Terendam Banjir

Sungai meluap

Ratusan Rumah di Bontotangnga Jeneponto Terendam Banjir
Rumah terendam banjir di Lingkungan Bonto Tangnga, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa (7/12/2021). (KABAR.NEWS/Akbar Razak).

KABAR.NEWS, Jeneponto - Hujan deras mengguyur Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir.


Rumah warga yang terendam banjir terjadi di kampung Saroanging, Kelurahan Bontotangnga, Kecamatan Tamalatea, Selasa (7/12/2021). Rahmat, salah seorang warga yang terdampak banjir mengungkapkan jika hal ini kerap terjadi.


"Setiap tahun wilayah ini sering terjadi banjir dikarenakan, air kiriman dari kampung tetangga dimana sungai yang berada di wilayah itu sering meluap," ujar Rahmat saat ditemui KABAR.NEWS di Bonto Tangnga.


Selain itu, wilayah ini menjadi langganan banjir akibat tanggul jembatan dan saluran drainase yang dianggap buruk dan rusak. "Banjir diperparah dengan keadaan got yang rusak hingga dekker di jembatan itu tidak rata jadi air meluap," jelasnya.


Oleh karena itu, ia meminta perhatian dari pemerintah daerah agar bisa memberikan solusi bencana tahunan ini.


"Kami berharap kepada pemerintah, baik lurah, camat maupun bupati agar dapat memperhatikan masalah ini supaya kejadian ini tak terulang kembali," ungkapnya.


Kepala Seksi (Kasi) Kedauratan BPBD Jeneponto, Mus Muliadi mengatakan banjir terjadi akibat luapan air sungai Kanawayya. Dia bilang, luapan air sungai menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian bervariasi.


"Permukiman yang terendam 100 lebih KK dan satu masjid berupa fasilitas ibadah," terangnya. Dia mengaku belum mendapatkan laporan adanya warga yang mengungsi meski rumahnya terendam.


"Kami belum dapat informasi yah," beber Mus Muliadi.


Penulis: Akbar Razak/A