Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles Pimpin Kerajaan Inggris

* Setelah berkuasa 70 tahun

Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles Pimpin Kerajaan Inggris
Ratu Elizabeth II semasa hidup. (Instagram/theroyalfamily)

KABAR.NEWS, Makassar - Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, Kamis, 8 September 2022, waktu setempat menurut laporan Kantor Berita Reuters.


Ratu Elizabeth II memerintah Inggris Raya dan sejumlah negara selama 7 dekade meninggal dunia pada umur 96 tahun. Istana Buckingham telah mengonfirmasi kabar duka ini.


"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan. "Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok."


Putra tertua Elizabeth, Charles yang berusia 73 tahun, secara otomatis menjadi raja Inggris Raya mengganti Sang Ratu. Dia akan memimpin 14 kerajaan lain termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Istrinya Camilla menjadi Permaisuri.


Ratu telah menderita apa yang disebut Istana Buckingham sebagai "masalah mobilitas episodik" sejak akhir tahun lalu. Hal itu menyebabkan ratu menarik diri dari hampir semua acara publiknya.


Ratu Elizabeth II, yang juga merupakan kepala negara tertua dan terlama di dunia, naik takhta setelah kematian ayahnya Raja George VI pada 6 Februari 1952, ketika dia baru berusia 25 tahun. Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926.