Rapat Covid-19, Kapolres Tator Minta Camat Tak Keluarkan Rekomendasi Izin

- Nico berterima kasih kerja ikhlas

Rapat Covid-19, Kapolres Tator Minta Camat Tak Keluarkan Rekomendasi Izin
Rapat Forkopimda Tator terkait penanganan Covid-19 di Rujab Bupati Tator, Makale, Kamis (21/1/2021). (KABAR.NEWS/Febriani).






KABAR.NEWS, Makale - Kapolres Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan, AKBP. Sarly Sollu memperingatkan kepada jajaran camat agar tidak mengeluarkan rekomendasi izin kepada setiap orang yang hendak membuat kegiatan dan menghadirkan banyak orang saat pandemi Covid-19.


Hal itu disampaikan Sarly dalam rapat koordinasi kesiapsiagaan dan penanganan Covid -19 Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tatot , di Rujab Bupati Tator, Makale, Kamis (21/1/2021.

Menurut Sarly, Polres Tator tidak melarang kegiatan  sosial dan kebudayaan selama pandemi Covid-19. Dia menegaskan kegiatan itu dilarang jika tidak mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Sarly menyebut pihaknya juga tidak pernah mengeluarkan izin keramaian.


"Kami tidak melarang kegiatan namun yang kami larang dengan adanya kerumunan dan tidak mematuhi Prokes termasuk 3 M. Kembali saya tegaskan lagi kepada camat, kalau dari polres tidak pernah mengeluarkan surat izin keramaian jadi camat jangan mengeluarkan rekomendasi lagi," ucap Sarly.


Senada dengan itu, Dandim 1414/Tator, Letkol Czi Zaenal Arifin dalam rapat tersebut menyatakan sikap siap membantu apapun kebijakan Pemda terkait penanganan Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebarannya.


"Kami siap bantu Pemda dan siap membantu Polres dalam pembubaran apabila dalam melakukan kegiatan yang sifatnya mengundang keramaian dan tidak melakukan prokes." katanya.


Sementara Kajari Tator, Jefri P. Makapedua mengakui bahwa pihaknya dalam penanganan Penyebaran Covid-19 terlebih dahulu melakukan dari jajaran Kejaksaan sebelum mengintruksikan ataupun bersosialisasi keluar.


"Kami lakukan interen ke dalam dulu sebelum kami intruksikan keluar dan setiap bulan sekali kami lakukan rapid tes dan apabila ada yg terkonfirmasi, kami perintahkan karantina di rumah. Jadi saya meminta kepada pejabat jangan sampai tidak mengindahkan peraturan pemerintah demi kebaikan bersama dengan masyarakat Tator," terang Jefri


Nico Berterima Kasih meski Tak Ada Anggaran


Wakil Bupati Tator, Victor Satuan Batara mengharapkan agar menghadirkan disiplin pelayanan dari tiap wilayah yang tidak ada terpantau dan segera melaporkan ke Satgas jika ada yang terkonfirmasi positif Covid-19.


Tak hanya meminta disiplin pelayanan, Victor juga mendukung kebijakan Polres Tator yang tidak mengeluarkan izin keramaian.


"Kalau ada pejabat yg tidak mengindahkan perintah akan di proses apabila mengeluarkan rekomendasi tanpa seijin dari polres," tegas Victor.


Bupati Tator, Nicodemus Biringkanae mengungkapkan rasa terimah kasih kepada Forkopimda atas kerja samanya dalam penanganan Covid-19?


"Terima kasih atas kerja sama kita semua walaupun dananya belum ada, namun kita semua bekerja sama dalam memutus matarantai penyebaran Covid-19 dengan tulus hati bekerja," ucap Nico.


Penulis: Febriani/A