Skip to main content

Rangkaian Hari Pers Nasional 2019, Kemenhub Bagikan Pas Kecil dan Buku Pelaut untuk Nelayan di Jatim

Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membagikan buku. (IST)

KABAR.NEWS,Surabaya -  Sebagai rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang puncaknya jatuh pada tanggal 9 Februari 2019,Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membagikan 100 buah pas kecil kapal dan buku pelaut nelayan serta 500 unit life jacket kepada para nelayan dan operator/pemilik kapal pelayaran rakyat di wilayah Probolinggo, Jawa Timur, senin (5/1/2019).

 

Penyerahan tersebut diberikan secara simbolis oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertepatan dengan pelaksanaan Seminar Nasional tentang Tol Laut yang dilaksanakan di atas kapal KM. Dorolonda, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kementerian Perhubungan dalam pemberian sertifikat nelayan dan kapal di bawah GT 7 yang secara keseluruhan sudah mencapai 31.281 kapal di seluruh Indonesia," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo di Surabaya.

 

Disamping itu, lanjut Dirjen Agus, Kementerian Perhubungan juga telah menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan dasar keselamatan atau Basic Safety Training (BST) secara gratis khusus bagi masyarakat nelayan.

 

"Pemerintah menaruh perhatian khusus terhadap para nelayan di Indonesia yang juga memegang peranan penting sebagai bagian dari pembangunan perekonomian bangsa dalam mendukung Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia. Oleh karenanya, kami berikan kemudahan dalam peningkatan kompetensi kepada para nelayan," terang Dirjen Agus.

 

Adapun hingga saat ini Kemenhub telah menerbitkan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) Nelayan mencapai 52.234 surat.

 

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, Menteri Perhubungan juga berkesempatan menutup Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training (BST) Politeknik Pelayaran Surabaya, membuka DPM Politeknik Penerbangan Surabaya serta membuka DPM Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun.