Ramadan, Dinkes Jeneponto Lakukan Vaksinasi Malam Hari

Vaksinasi dilakukan malam hari dilakukan agar peserta lolos skrining.

Ramadan, Dinkes Jeneponto Lakukan Vaksinasi Malam Hari
Kepala Dinkes Jeneponto, Nursanti Mansyur. (Foto: KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Vaksinasi Covid-19 akan tetap berjalan saat bulan puasa Ramadan. Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jeneponti mengubah jadwal vaksinasi menjadi malam hari.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan penyakit (P2P) Dinkes Jeneponto, Suryaningrat membenarkan rencana proses vaksinasi pada Ramadan nanti dilakukan malam hari. 

"Dilaksanakan pada malam hari, kalau sementara puasa para dokter skrining khawatir melakukan vaksinasi," ujarnya kepada KABAR.NEWS, Selasa (30/3/2021).

Terkait program vaksinasi, dia mengatakan, ketersediaan vaksinasi Covid-19 masih menjadi masalah utama dalam pelaksanaan program vaksinasi. Sebab, jumlah vaksin yang tersedia masih sedikit.

"Kalau ketersediaan di kabupaten terbatas. Rencananya kami akan meminta tambahan distribusi vaksin dari Dinkes Sulsel minggu ini," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan, Nursanti Mansyur mengatakan bahwa teknis pelaksanaan vaksinasi di bulan puasa akan dilakukan seperti pada umumnya. Ia mengaku vaksinasi saat Ramadan sudah mendapat persetujuan dari MUI.

"Yah sama saja dengan vaksin yang ada saat ini tidak ada acara makan minum begitu. Sebenarnya dari MUI boleh vaksiansi saat bulan rahmadhan," pungkasnya.

Penulis: Akbar Razak/B