Rakor Pemilu, Bahtiar Ingatkan Netralitas ASN hingga Siapkan Nakes di TPS

Pj Gubernur Sulsel ingin memastikan Pemilu jurdil

Rakor Pemilu, Bahtiar Ingatkan Netralitas ASN hingga Siapkan Nakes di TPS
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin memimpin Rakor Persiapan Pemilu 2024 bersama Forkompimda dan KPU - Bawaslu di Makassar, Rabu (11/10/2023). (IST/HMS)

KABAR.NEWS, Makassar - Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin meminta bupati dan wali kota untuk memberikan perhatian khusus terhadap netralitas ASN dalam Pemilu 2024.


Penekanan itu disampaikan Bahtiar Baharuddin saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), KPU dan Bawaslu se Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Rabu (11/10/2023). 


"Minta tolong bupati wali kota, gelar kegiatan bagaimana agar netralitas ASN dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak," kata Bahtiar Baharuddin.


Sebelumnya, Bahtiar menyampaikan tentang pentingnya memperhatikan tahapan-tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Mulai dari cuaca saat hari pencoblosan hingga distribusi logistik dan kesiapan tim tenaga kesehatan (nakes).

Ads


Bahtiar berkaca pada Pemilu 2019. Saat itu, banyak petugas tempat pemungutan suara yang meninggal dunia akibat kelelahan. Ia tak ingin kejadian tersebut terulang pada pemilu nanti dan meminta petugas kesehatan untuk bersiaga.


"Siaga satukan itu relawan kesehatan dan tenaga kesehatan, supaya ketika ada yang sakit atau lelah bisa tangani langsung. Itu adalah solusi untuk mencegah kelelahan dari tim di TPS," jelas Bahtiar yang juga Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.


Menurut Bahtiar, seluruh Forkopimda, Forkopimcam, penyelenggara Pemilu dan seluruh hadirin sudah paham bagaimana menjalankan tugas dan tanggung jawab pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024. 


Tugas kepala daerah adalah memfasilitasi seluruh lembaga negara, seperti KPU, Bawaslu, unsur vertikal dan seluruh lembaga lainnya yang berkaitan dengan Pemilu untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024. 


Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Andi Ina Kartini Sari, menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulsel atas kegiatan yang luar biasa, bisa mengumpulkan seluruh stakeholder terkait Pemilu dan Pilkada serentak 2024. 


"Kami baru dapat ada kegiatan seperti ini, ini sangat luar biasa Bapak Gubernur. Izin kami akan mendukung dari segi pembahasan anggaran Pemilu dan Pilkada serentak. Alhamdulillah kita yang pertama melakukan tanda tangan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) dengan KPU dan Bawaslu Sulsel," ungkap Andi Ina.


Sebagai bukti keseriusan DPRD dan Pemerintah Provinsi Sulsel untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024, langsung dilakukan rapat paripurna terkait Ranperda APBD Pokok 2024. (*)