Puting Beliung di Wonogiri, BPBD: Tidak Sampai Daratan

Fenomena terjadi setiap tahun di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Puting Beliung di Wonogiri, BPBD: Tidak Sampai Daratan
Kemunculan angin puting beliung di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2021). (Foto: Capture Instagram)






KABAR.NEWS, Wonogiri - Kemunculan angin puting beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jawa Tengah heboh di media sosial (medsos). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri membenarkan kemunculan puting beliung, meski terjadi bukan di daratan

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto mengatakan angin puting beliung muncul di Waduk Gajah Mungkur ukurannya besar dan terjadi hingga 15 menit. Ia mengaku angin puting beliung tersebut muncul pada pukul 16.00 WIB. 

"Ukurannya cukup besar dan terjadi selama 10-15 menit di Waduk Gajah Mungkur," ujarnya dikutip dari detik.com, Rabu (19/1/2021). 

Ia mengungkapkan angin puting beliung tersebut muncul di atas perairan sekitar Desa Sendang, Kecamatan Wonogoiri. Angin puting beliung, kata Bambang, bergerak dari barat ke selatan Desa Sendang. 

"Kami tegaskan muncul di atas perairan, tidak sampai ke daratan. Puting beliung tidak sampai ke daratan, apalagi ke permukiman warga," ucapnya. 

Bambang mengaku karena angin puting beliung muncul di atas perairan Waduk Gajah Mungkur, belum ada laporan kerusakan. 

"Warga hanya khawatir saja. Fenomena angin puting beliung setiap tahun muncul di atas waduk," tutur dia.