Skip to main content

Punya Harta Kekayaan Rp8 Triliun, Calon Bupati Pinrang ini Masuk Kandidat Terkaya

Kandidat Bupati Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Jamaluddin Jafar Jerre. (IST)

 

KABAR.NEWS, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan update terhadap Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) seluruh kandidat Calon Kepala Daerah pada Pilkada Serentak 2018 di Indonesia. Seperti yang dilansir di situs kpk.go.id. 

 

: Pantau Pilkada 2018

 

 

Dalam data yang diupdate KPK tersebut, hingga Jumat (12/1/2018) pukul 15.59, baru sekitar 91 Persen kandidat baik Pasangan Calon Gubernur, Wali Kota hingga Bupati yang telah menyetorkan harta kekayaannya.


Dari data harta kekayaan tersebut, sebagian besar kandidat memiliki harta kekayaan mencapai Miliaran Rupiah. Namun, yang menarik dari data KPK ini, ada kandidat kepala daerah yang mempunyai harta kekayaan mencapai Rp 8,358 Triliun lebih atau berjumlah Rp 8.358.947.929.645. 


Adalah Jamaluddin Jafar Jerre yang merupakan salah satu kandidat di Pilkada Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Harta kekayaan yang dimilikinya menempatkan Jamaluddin sebagai salah satu kandidat terkaya di Pilkada Serentak tahun ini.

 

Diketahui, dari empat Pasangan Calon yang telah resmi menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Pinrang. Baru dua yang menyerahkan data LHKPN mereka ke KPK. Selain nama Jamaluddin Jafar Jerre, juga ada nama  kandidat bupati Pinrang yang juga Sekda Provinsi Sulsel, Abdul Latif.

 

Harta kekayaan yang dilaporkan Abdul Latif sendiri mencapai Rp6, 727 Miliar atau Rp6.727.536.547. Jamaluddin yang dikenal dengan akronim Triple J sendiri merupakan Anggota DPR RI Fraksi PAN, dan berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Papua. Namun, ia merupakan putra asli kelahiran Kabupaten Pinrang.

 

Saat diwawancara KABAR.NEWS Senin (25/12/2017) lalu, Jamaluddin menegaskan jika perolehan kursi PKS (5), Gerindra (5) dan PAN (2) di DPRD Pinrang telah melebihi syarat usungan 8 kursi di Pilkada.

 

BACA JUGA : Kantongi Tiga Rekomendasi Parpol, Triple-J Optimis Melenggang di Pilkada Pinrang

 

Jamaluddin diketahui telah resmi berpasangan dengan Andi Sofyan Nawir dan memenuhi syarat pasca diusung tiga Parpol.

 
"Cukup 3 itu, sebagai syarat cukup 8 kursi, ketiga itu sudah 12 kursi," kata pria kelahiran Pinrang 24 April 1955 itu.