Punya Banyak Santri, Iksan Ingin Pesantren Berperan Aktif Bangun Jeneponto

Pemkab Jeneponto memperingati Hari Santri Nasional

Punya Banyak Santri, Iksan Ingin Pesantren Berperan Aktif Bangun Jeneponto
Bupati Kabupaten Jeneponto, Iksan Iskandar usai upacara Hari Santri Nasional, Jumat (22/10/2021). (KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto, Sulawesi Selatan, menggelar upacara Hari Santri Nasional 2021 di kampung Tete Batu, Kelurahan Sidenre, Kecamatan Binamu, Jumat (22/10/2021).


 
"Alhamdullilah hari ini kita semua, khusunya Pemerintah Jeneponto bersama para santri merayakan hari santri," ujar Bupati Jeneponto Iksan  Iskandar kepada KABAR.NEWS usai upacara.


Menurut Iksan, Jeneponto memiliki 6 ribu santri dan tersebar di sejumlah kecamatan. Jumlah tersebut diklaim menempatkan daerah berjuluk Butta Turatea ini memiliki santri terbanyak kedua secara nasional setelah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek).

"Saya kira sebuah jumlah yang tidak sedikit dan ini kita kira-kirakan terbesar di Sulawesi Selatan. Bahkan secara nasional kami belum ada data, tapi selain daripada Jabotabek, Jeneponto termasuk yang terbesar," ujarnya.


Politisi Partai Golkar ini berharap, k depan para kiyai hingga pengasuh santri dapat bekerja sama baik dengan pemerintah daerah Jeneponto.


"Yang pertama, kepada seluruh kiyai-kiyai, seluruh pengasuh santri saya berharap agar lebih meningkatkan kerja samanya dengan pemerintah daerah, terkhusus pada anak-anak dan orang tua santri," harap Iksan.


Iksan menambahkan bahwa untuk momentum Hari Santri Nasional 2021, pihaknya akan menggelar kegiatan perkemahan selama tiga hari.


"Dan beberapa kegiatan keagamaan seperti yang tertulis disitu kita akan lakukan. Kemarin juga sudah, sudah 2-3 hari kita mengadakan kegiatan keagamaan," tandas Iksan.


Penulis: Akbar Razak/A