Skip to main content

PSI Sulsel Ingatkan Pemerintah Siapkan Regulasi "New Normal"

PSI Sulsel Ingatkan Pemerintah Siapkan Regulasi "New Normal"

Ketua PSI Sulsel Fadli Noor. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulawesi Selatan, Fadli Noor, mengingatkan pemerintah untuk menyiapkan perangkat hukum dalam menghadapi era normal baru atau new normal akibat krisis pandemi Covid-19.


Perangkat hukum tersebut kata Fadli, bisa berbentuk peraturan gubernur (pergub) maupun peraturan bupati atau peraturan wali kota (perbup/perwali) yang mengatur tentang sistem era normal baru di ruang publik.

 

Secara teknis Fadli menjelaskan, regulasi tersebut untuk mengatur bagaimana protokol kesehatan khususnya, di ruang publik seperti mal, pasar, perkantoran dan sarana kesehatan publik, pendidikan dan rumah ibadah serta tempat-tempat umum lainnya yang menghadirkan keramaian.


"Regulasi tersebut harus disertai kewajiban menyiapkan perangkat kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus corona antara lain sarana cuci tangan, hand sanitizer serta rutin melakukan penyemprotan disinfektan," kata Fadli Noor dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (22/5/2020).


Untuk memastikan terpenuhinya seluruh protokol kesehatan tersebut, pemerintah menurut Fadli harus rutin melakukan kegiatan inspeksi dalam penegakan regulasi.


Selain itu, lanjut Fadli Noor, pemerintah harus rutin mengambil sampel acak dengan metodologi uji sampling pada setiap titik-titik sarana publik untuk melakukan swab test.


Saat ini vaksin dan obat Covid-19 belum ditemukan namun kegiatan produktivitas negara harus terus berjalan agar negara memiliki pendapatan untuk membiayai sektor kesehatan dan sektor lainnya.


"Untuk itu upaya preventif harus dilaksanakan namun tetap produktif agar kebutuhan kuratif bisa terpenuhi," tandas Fadli Noor.


Sekadar diketahui, istilah normal baru telah dipopulerkan sejak era krisis ekonomi pada tahun 2007-2008 dan kini menjadi salah satu cara berbagai negara menghadapi krisis ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

 

Flower

 

loading...