PSBB Belum Pasti, Makassar Kaji Perpanjangan Jam Malam

- Pembatasan berakhir hari ini

PSBB Belum Pasti, Makassar Kaji Perpanjangan Jam Malam
Ilustrasi Pembatasan keluar masuk Makassar beberapa waktu lalu. (KABARNEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Makassar - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diinstruksikan pemerintah Pusat berlaku pada hari ini, Senin (11/1/2021) di berbagai daerah. 


Tapi, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Sulawesi Selatan, belum memutuskan langkah penerapan PSBB kendati lonjakan kasus Covid-19 terus terjadi. Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan rencana kebijakan ini masih dikaji.


"Ini sementara kita kaji. Sebentar siang saya coba koordinasikan dengan tim epidemiolog bagaimana efektivitas pembatasan yang sudah kita lakukan dalam dua minggu ini," ucap Rudy di rumah jabatannya, Senin.


Karena rencana PSBB belum diputuskan, maka Pemkot Makassar kemungkinan akan melanjutkan kebijakan pembatas jam malam yang diketahui akan berakhir pada hari ini juga. 


Rudy menjelaskan, pihaknya harus melihat terlebih dahulu efektivitas penerapan pembatasan jam malam baik dari sisi dampak ekonomi maupun penurunan kasus Covid-19. 


"Kalau memang efektivitasnya bagus terkait dengan pengendalian Covid, tentu layak kita teruskan, tetapi kalau efektivitasnya tidak terlalu signifikan tapi justru signifikan menghantam ekonomi kita khususnya UMKM, tentu kita akan cari formulasi baru, langkah-langkah baru yang lebih baik," jelasnya. 


Rudy sendiri mengakui kasus Covid-19 di Kota Makassar masih mengkhawatirkan, sehingga perlu mempertimbangkan masukan - masukan sejumlah pihak untuk pengendalian kasus. 


"Itu akan kita diskusikan dulu, mudah-mudahan bisa segera kita putuskan langkah ke depan apa yang kita lakukan terkait upaya kita mengendalikan covid yang memang masih meninggi," pungkasnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B