Protes Dana Hibah Pariwisata, PHRI Sulsel Akan Demo

Dana hibah pariwisata dari Kemenparekraf untuk hotel dan restoran di Makassar tidak dicairkan oleh Dispar dan Dinas PTSP Makassar.

Protes Dana Hibah Pariwisata, PHRI Sulsel Akan Demo
Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga. (Foto: Dokumen KABAR.NEWS)












KABAR.NEWS, Makassar - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan bakal melakukan aksi demonstrasi terkait dengan belum dicairkannya dana hibah bagi pelaku pariwisata terdampak Covid-19. Padahal, sejumlah daerah di Indonesia sudah mencairkan dana hibah pariwisata tersebut dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga mengatakan puluhan general manager (GM) hotel dan restoran di Makassar akan ikut dalam aksi tersebut, menuntut pemerintah agar tidak menahan pencairan dana hibah dikucurkan pemerintah pusat kepala pelaku usaha pariwisata terdampak Covid-19.

"Rabu besok betul kita akan aksi. Titik kumpul jam 10.00 Wita di Monumen Mandala dan long march ke Kantor Balaikota, setelah itu langsung ke gedung DPRD Makassar," kata Anggiat, Selasa (2/2/2021).

Sebelumnya, Anggiat merasa bingung dengan sikap Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar yang belum juga belum mencairkan dana hibah ke industri pariwisata dalam rangka penanganan dampak Covid-19. Padahal, sejumlah berkas administrasi telah dipenuhi pihaknya.

“Kalau mau tahu kenapa belum cair, tanya mereka (Dispar dan DPMPTSP). Padahal kami sudah melengkapi berkas apa yang menjadi persyaratan,” kata General Manager Hotel Claro Makassar ini.

Walaupun semua hotel dan restoran masih ada belum melengkapi berkas dan syarat-syaratnya, tapi Anggiat meminta agar Dispar dan PTSP telah melengkapi berkas sudah bisa dicairkan.

“Memang belum semuanya. Tapi sudah ada 25 yang telah lengkap berkasnya. Nah, yang itu aja dulu yang dicairkan, biar itu menjadi bukti kepada yang lain,” kata Anggiat.

Penulis: Rahma Amin/C