Skip to main content

Presiden Minta Naikkan Gaji Perangkat Desa, Nurdin: Harus Dilaksanakan

nurdin abdullah
Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. (IST)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, angkat bicara terkait instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal kenaikan gaji pegawai perangkat desa, yang harus setara dengan gaji PNS golongan II A.

 

Menurut Nurdin, itu sebagai perintah yang harus dilaksanakan. Namun keinginan presiden akan memberi beban anggaran pada pemerintah daerah. "Kita harus menyesuaikan. Karena itu keputusan presiden, jadi tidak mungkin kita tolak. Ada solusinya, kita akan bicara. Yang pasti kita tidak akan mengalokasikan di luar dari APBD yang sudah kita sahkan," katanya, Selasa (15/1/2019).

 

Nurdin berharap, peningkatan gaji tersebut harus bisa meningkatkan layanan dan produksi para perangkat desa. Disamping itu, untuk menghindari tindakan korupsi dari para perangkat desa.

 

"Kita harapkan begitu ada peningkatan gaji, mutu kerja harus lebih ditingkatkan lagi. Kita juga berharap peningkatan kesejahteraan ini akan memperkecil orang untuk berbuat korupsi," harapnya.

 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP)  Nomor 30 Tahun 2015, gaji PNS golongan IIA adalah Rp 1.926.000. Namun Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, bakal direvisi.

 

  • Andi Khaerul

 

loading...