Presiden Jokowi Sebut Kolam Nipa-nipa Maros Bisa Atasi Banjir Makassar

Presiden Jokowi meresmikan Kolam Regulasi Nipa-nipa Maros.

Presiden Jokowi Sebut Kolam Nipa-nipa Maros Bisa Atasi Banjir Makassar
Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat peresmian Kolam Regulasi Nipa-nipa, Maros, Kamis (18/3/2021). (Foto: Biro Humas Sekretariat Presiden)






KABAR.NEWS, Maros - Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah proyek di Sulawesi Selatan seperti Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja dan Kolam Regulasi Nipa-nipa Maros. Presiden Jokowi menyebut Kolam Regulasi Nipa-nipa bisa mengatasi banjir di Makassar. 

Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Presiden Jokowi meresmikan Kolam Regulasi Nipa-nipa.

"Hari ini kita resmikan, kita operasikan, karena telah selesai dibangun selama 5 tahun, yaitu Kolam Regulasi Nipa-nipa. Ini adalah kolam untuk pengaturan air, pengaturan terutama banjir dan genangan yang ada di Kota Makassar," ujar Jokowi melalui keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS, Kamis (18/3/2021).

Kolam Regulasi Nipa-nipa dibangun di atas lahan seluas 83 hektare yang masuk di tiga wilayah, yakni Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Gowa. Pembangunan selama 5 tahun itu menghabiskan anggaran Rp 320 miliar.

"Volume tampungan (air) nya 2,7 juta meter kubik. Sehingga ini bisa mengurangi banjir dari yang sebelumnya kurang-lebih 45 persen. Sangat berfungsi sekali," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan pemerintah akan membangun kolam regulasi lain, terutama di daerah aliran Sungai Tallo.

"Sehingga Kota Makassar kita harapkan dapat terbebas dari genangan dan banjir, bebas dari air yang biasanya meluap dari DAS Tallo ini, karena sekarang diatur dan dikendalikan oleh kolam regulasi di Nipa-nipa ini," ucapnya.

Penulis: Darsil Yahya/C