Presiden Jokowi Beri Sinyal Izinkan Vaksinasi Mandiri

- Dihubungi pengusaha tanyakan vaksin mandiri

Presiden Jokowi Beri Sinyal Izinkan Vaksinasi Mandiri
Seorang dokter mengambil cairan vaksin Covid-19 merek Sinovac. (Ilustrsasi/KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal bakal mengizinkan vaksinasi Covid-19 secara mandiri oleh pihak swasta atau pengusaha. 


Jokowi bahkan mengaku telah mendapat banyak pertanyaan dari para pengusaha terkait kemungkinan pemberian vaksin secara mandiri. Kebijakan ini kata Jokowi, baru akan diputuskan


Vaksinasi mandiri menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, memang diperlukan untuk mempercepat terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap paparan Covid-19. Jokowi lantas memberi sinyal mengizinkan vaksin mandiri jika biayanya ditanggung sendiri pihak swasta.


"Kita memang perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya, apalagi biayanya ditanggung perusahaan sendiri. Kenapa tidak?" ujar Jokowi pada acara Kompas100 CEO, Kamis (21/1/2021) seperti dilansir Tempo.co


"Tetapi sekali lagi, harus kita kelola isu dengan baik. Mungkin bisa diberikan asal merek vaksin berbeda, tempat melakukan vaksin juga berbeda. Bisa dilakukan," lanjut Jokowi.


Sebelumnya, wacana tentang vaksinasi mandiri juga telah diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada saat rapat dengar pendapat di DPR. Budi mengatakan, pemerintah akan membuka opsi vaksinasi Covid-19 secara mandiri oleh perusahaan kepada karyawannya.


Perusahaan akan diizinkan membeli vaksin sendiri dengan produsen vaksin Covid-19. Syaratnya, vaksinasi Covid-19 tersebut harus sesuai dengan yang diiizinkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, Kementerian Kesehatan menyatakan masih menggodok rencana tersebut dan belum ada keputusan final ihwal pengadaan vaksin mandiri.


Menteri BUMN Erick Thohir juga telah berbicara vaksinasi mandiri. Erick hanya meminta pemberian vaksin kepada perusahaan harus memiliki payung hukum yang jelas dan dijalankan dua bulan setelah vaksinasi gratis oleh pemerintah.