PPP Jeneponto mulai Seleksi Caleg, Target Punya Kursi Tiap Dapil

- Belum fokus untuk Pilkada

PPP Jeneponto mulai Seleksi Caleg, Target Punya Kursi Tiap Dapil
Ketua Dewan Pimpinan Cabang  (DPC) PPP Jeneponto Imam Taufiq Bohari. (KABAR.NEWS/Akbar Razak).

KABAR.NEWS, Jeneponto -  Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, optimis memenangkan Pemilu tahun 2024 mendatang. 


Salah satu langkah awal yang dilakukan partai berlambang Ka'bah tersebut adalah membuka rekrutmen bakal calon anggota legislatif (Caleg) yang dianggap berkualitas.


Ketua Dewan Pimpinan Cabang  (DPC) PPP Jeneponto Imam Taufiq Bohari mengatakan, pihaknya sudah memiliki bakal caleg di semua daerah pemilihan atau Dapil.


"Hampir semua Dapil sudah terisi, secara jumlah kurang lebih 40 orang," kata Imam Taufiq kepada KABAR.NEWS via telepon, Sabtu (11/6/2022).


Taufiq Bohari menjelaskan, nama-nama bacaleg telah dikirim ke Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sulsel. Nantinya, mereka akan diseleksi sebagai bagian dari Daftar Calon Sementara (DCS) hingga ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT).


Wakil Ketua DPRD Jeneponto ini menuturkan, figur yang mendaftar sebagai caleg berasal dari berbagai kalangan, mulai birokrat hingga tokoh perempuan. Mereka ini harus memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh partai besutan Suharso Monoarfa.


"Insya allah karena ada caleg potensial dari partai lain, ada juga pensiunan birokrat dan beberapa tokoh perempuan dan tokoh pemuda," tuturnya.


Optimis Dudukan Caleg setiap Dapil


Bohari mengaku optimis untuk mendudukan satu kursi di setiap dapil dengan berbekal caleg potensial yang diseleksi tersebut. Diketahui, Jeneponto memiliki lima dapil untuk caleg DPRD setempat. Saat ini PPP mengontrol empat kursi.


"Tetapi Insya Allah ada beberapa dapil yang berpotensial lebih dari satu kursi," kata dia.


Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan segenap infrastuktur partai, salah satunya adalah menyusun strategi mengajak masyarakat bergabung dengan PPP. 


"Secara non-formal kita sudah buka perekrutan tapi secara resmi kita menunggu tahapan dari KPU," ucapnya.


Disinggung mengenai pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung pada tahun yang sama, Imam Taufiq mengaku masih fokus pemilihan legislatif.


Terlebih hasil di Pemilihan Legislatif akan menentukan partai mana saja yang bisa mengusung calon kepala daerah.


"Karena tahapannya duluan pilcaleg tentu kita fokus dulu untuk sukses dalam kontestasi pemilu 2024. Apalagi untuk mengusung pada pilkada akan sangat ditentukan dengan perolehan kursi hasil pileg di 2024," pungkasnya.

Penulis: Akbar Razak/A