PPKM Level 4 Makassar Diperpanjang, Berikut 9 Aturan yang Dilonggarkan

Diteken Danny Pomanto dalam surat edaran

PPKM Level 4 Makassar Diperpanjang, Berikut 9 Aturan yang Dilonggarkan
Ilustrasi. Petugas kepolisian menyemprotkan disinfektan sebagai upaya penanganan pandemi Covid-19 di Kota Makassar. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)












KABAR.NEWS, Makassar - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kembali diperpanjang yang berlaku hari ini Rabu (25/8/2021) hingga 6 September mendatang.  


Perpanjangan PPKM Level 4 Makassar diatur Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Surat Edaran (SE) Wali Kota nomor 443.01/413/S.Edar/Kesbangpol/VIII/2021.


Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto mengatakan, perubahan sejumlah aturan dalam perpanjangan PPKM ini merupakan upaya  melonggarkan kegiatan masyarakat secara perlahan.


"Jadi barus saja saya tanda tangani, PPKM yang pertama perubahan dengan PPKM sebelumnya. Kami berharap kami bisa keluar dari status level empat, walaupun tadi saya dengar di-training, kita sudah tadi disebut keluar," kata Danny, kemarin.


Danny menambahkan, kasus aktif Covid-19 di Kota Makassar pun kian mengalami penurunan. Olehnya itu, pihaknya optimis untuk bisa segera keluar dari level 4. 


"Kelihatannya alhamdulillah mudah-mudahan di bawah 100 kalau di bawah segera turun level," pungkasnya

Berikut ini, sejumlah poin aturan yang melonggarkan kegiatan masyarakat selama PPKM Level 4 Makassar yang berakhir 6 September:


1. Maksimal 25% pendidik atau tenaga kependidikan pada satuan pendidikan, dapat melakukan kegiatan persiapan teknis simulasi assastment nasional pada 24 Agustus-2 September 2021


2. Pelaksanaan sektor non esensial buka dengan kapasitas maksimal 25% jika ditemukan klaster, akan ditutup. 


3. Esensial pada sektor Pemerintahan untuk pelayanan publik yang tidak bisa ditunda bisa 25% dengan kerja dari kantor.


4. Restoran/Rumah Makan/Kafe bisa melayani makan di tempat hingga pukul 20.00 WITA dengan kapasitas 25% dengan 2 orang maks per meja. 


5. Mall buka 50% dengan aplikasi peduli lindungi. Serta Tempat umum, fasilitas umum buka dengan kapasitas maksimal 25%  hingga pukul 22.00 dengan aplikasi peduli lindungi


6. Masjid boleh hingga 30-50 dan perhatikan instruksi kemeneag, sebelumnya hanya 30 orang.


7.  Karoke/club malam/Diskotik/Live Music/Pijat Refleksi ternasuk sarana penunjang hiburan di hotel diizinkan 25% operasional sampai jam 20.00 dengan mengunakan aplikasi peduli lindungi.


8. Kegiatan seni budaya bisa 25% yang menimbulkan keramaian jam operasi dari pukul 10.00 sampai 22.00.


9. Pernikahan hajatan 25%, maksIimal 30 orang dari pukul 10 sampai 22.00


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B